To year 2010

Menuju Un 2009

Minggu, November 23, 2008

Internet "Guru" yang baik untuk remaja

selama ini orang tua sering paranoid jika buah hatinya menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di dunia maya. Namun, sebuah studi mengungkap bahwa justru dengan berpetualang di dunia maya, remaja memperoleh pelajaran berharga. Apakah itu?

Penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Southern California dan University of California, Berkeley ini mewawancarai 800 remaja dan orang tua mereka, selama tiga tahun. Tak hanya itu, para peneliti juga melakukan observasi terhadap remaja melalui MySpace, Facebook, dan Youtube selama lebih dari 5 ribu jam.

"Ada begitu banyak mitos terkait anak-anak yang menghabiskan waktunya untuk online, yakni dikhawatirkan berbahaya atau membuat anak-anak malas," ujar Mizuko Ito, seorang peneliti di University of California, Irvine

selama ini orang tua sering paranoid jika buah hatinya menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di dunia maya. Namun, sebuah studi mengungkap bahwa justru dengan berpetualang di dunia maya, remaja memperoleh pelajaran berharga. Apakah itu?

Penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Southern California dan University of California, Berkeley ini mewawancarai 800 remaja dan orang tua mereka, selama tiga tahun. Tak hanya itu, para peneliti juga melakukan observasi terhadap remaja melalui MySpace, Facebook, dan Youtube selama lebih dari 5 ribu jam.

"Ada begitu banyak mitos terkait anak-anak yang menghabiskan waktunya untuk online, yakni dikhawatirkan berbahaya atau membuat anak-anak malas," ujar Mizuko Ito, seorang peneliti di University of California, Irvine Selengkapnya...

Selasa, November 18, 2008

Rangkuman bab 5~6

Bab 5 Menjelajahi Internet

A.Menjalankan Browser
Langkah-langkah untuk menjalankan internet explorer dari Menu Start adalah sebagai berikut :
-Klik menu Start
-Pilih Programs
-Carilah Internet Explorer dan kemudian klik

B.Bagian-Bagian Browser
Title Bar
Title Bar berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan, tombol Minimize, Maximize, Close

Menu Bar
Menu Bar merupakan tempat menu-menu yang terdapat pada Internet Explorer, Antara lain File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help

Toolbar
Tombol-tombol di toolbar merupakan tombol-tombol yang sering dipakai, tombol yang terdapat pada toolbar antara lain Back, Forward, Refresh, Home, Search, Favorites, History, Mail, dan Print


Address Bar
Address Bar adalah kotak teks yang digunakan untuk memasukan alamat website yang ingin ditampilkan di jendela Internet Explorer

Status Bar
Status Bar menampilkan kemajuan proses yang sedang dilakukan pada saat browser mendownload sebuah halaman web

Task Pane
Task Pane adalah jendela kecil yang muncul di bagian kiri jendela browser apabila mengetik tombol Search, History, dan Favorites

C.Istilah-istilah Dasar Internet

Intranet
Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil

Browser atau Web Browser
Browser adalah program yang digunakan untuk mengakses internet

HTML
HTML adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web

Server
Server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen dari web tertentu. Komputer itu melayani komputer yang mengakses website yang disimpannya.

Client
Komputer Client adalah komputer yang terdapat pada sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan

Bandwidth
Bandwidth adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu

Search Engine
Search engine merupakan program di website tertentu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet

URL (Uniform Resource Locator)
URL adalah sistem pemberian nama alamat website

Website
Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait

Homepage
Homepage adalah halaman pertama yang terdapat pada sebuah website

Web Page
Web Page merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu kepada sebuah halaman web

Hypertext Link atau Link
Link adalah sebuah text, gambar, atau tombol pada halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain

ISP atau Internet Service Provider
ISP berfungsi sebagai penyedia layanan koneksi ke internet

Program Dial-Up
Program Dial-Up adalah program yang terdapat pada komputer yang berfungsi untuk mengatur modem dan mengatur hubungan dengan ISP

Off-line
Off-line adalah kondisi koneksi komputer kita dalam keadaan terputus

Online
Online adalah kondisi koneksi komputer kita dalam keadaan tersambung

Login
Login adalah proses pemasukan user ID dan password

Logout
Logout adalah proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas

Protokol
Protokol adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu

HTTP atau Hyper Text Transfer Protocol
HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mempertukar informasi di internet

POP atau Post Office Protocol
POP adalah protokol yang digunakan untuk mengambile-mail yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP

Download
Download adalah Proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan


Upload
Upload adalah proses penempatan file dari komputer kita ke komputer server di internet

Freeware
Program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis

Shareware
Kita harus membeli dengan cara membayar biaya pendaftaran

GIF atau Graphical Interchange Format
GIF merupakan suatu format file gambar. GIF mempunyai ukuran file yang kecil

JPEG atau Joint Photographic Experts Group
JPEG mempunyai warna yang lebih banyak dibandingkan dengan GIF, JPEG juga mempunyai ukuran file yang kecil

SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan

D.Alamat Website
Berbagai nama domain
.edu (Pendidikan USA)
.gov (Pemerintah Amerika)
.go.id (Pemerintah Indonesia)
.jp (Jepang)
.id (Indonesia)
.sg (Singapura)
.uk (United Kingdom)
.org (Organisasi non profit)
.com (Perusahaan)
.net (Penyedia jasa internet)
.mil (Militer)
.ac (Akademi)

Bab 6 E-Mail

A.Pengertian E-mail
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat menjadi e-mail. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan karena e-mail merupakan alat komunikasi yang cepat dan murah.
File yang dilampirkan dalam sebuah e-mail dikenal dengan istilah file attachment. File-file attachment dari sebuah e-mail dapat berupa file apa saja, termasuk file dokumen(.doc), Excel(.xls), program(.exe), gambar(.JPEG), dan sebaginya

POP Mail
POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.
Kelebihan POP mail adalah dapat dibuka pada saat keadaan offline. Dengan cara seperti ini kita dapat menghemat biaya akses internet.
Kekurangan POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin mengakses dengan komputer lain, harus terlebih dahulu melakukan pengaturan ulang

E-mail berbasis web
E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, BolehMail, dan lain-lain.
Kelebihan dari e-mail berbasis web adalah diberikan gratis oleh website yang bersangkutan
Kekurangan dari E-mail berbasis web adalah hanya dapat membaca e-mail dalam kondisi online

E-mail forwarding
E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain
Kelebihan dari e-mail ini adalah kita bisa menyembunyikan e-mail asli kita. Selain itu dapat mengganti alamat e-mail
Kekurangan dari e-mail ini adalah hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain, ini akan memakan banyak waktu sehingga lama untuk sampai ke alamat

B.Etika Mengirimkan E-mail
Salam pembuka
Perkenalkan diri
Langsung ke pokok kalimat
Jawablah semua pertanyaan
Lakukan pengeditan
Gunakan subjek yang sesuai
Mengatur prioritas
Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
Jangan meneruskan e-mail berantai
Hormati Privasi orang lain
Jangan melakukan spam
Gunakan huruf besar seperlunya
Hati-hati bila menggunakan singkatan dan ikon emosi
Jangan terbawa emosi
Bersabarlah menunggu balasan e-mail
Ketertarikan berbeda
Jangan lampirkan file yang tidak perlu
Buatlah layout yang baik

1.Mailing List
Mailing list adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis mempunyai alamat sendiri yang disebut dengan alamat milis.
Milis banyak dimanfaatkan sebagai sarana kmunikasi antara anggota kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kumpulan orang seprofesi, mempunyai hobi atau minat yang sama, anggota organisasi, teman-teman sekelas, dan sebagainya
Contoh website yang menyediakan jasa layanan milis antara lain PlasaGroup, YahooGroup, dan sebagainya

2.Pertimbangan Menjadi Anggota Milis Tertentu
Untuk memutuskan untuk bergabunga dengan sebuah milis, berikut ini dapat dijadikan pertimbangan
Tujuan Milis
Dengan mengetahui tujuan milis kita dapat mengetahui apakah milis tersebut bakal bermanfaat atau tidak bagi kita
Seberapa banyak e-mail yang masuk
E-mail ke milis yang terlalu banyak akan merepotkan kita, apalagi jika tidak semua e-mail penting
Waktu yang kita miliki untuk membuka e-mail
Jika kita tidak punya banyak waktu untuk membuka E-mail, e-mail yang berasal dari milis akan merepotkan kita saja

3.Etika dalam Milis
Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topik
Mengirim file besar kepada teman/rekan kerja
Posting ke milis padahal seharusnya japri
Mengirim ulam e-mail
Memposting topik yang tidak pada tempatnya Selengkapnya...

Sabtu, November 15, 2008

Level Spam dunia turun 70%

Perusahaan anti spam IronPort mengklaim bahwa level spam menurun sebanyak 70 persen dalam dua hari terakhir.

"Penurunan seperti ini belum pernah terjadi, akan tetapi hanya berlangsung untuk sementara saja karena networknya pasti akan dipindahkan ke tempat lain." ungkap Jason Steer, juru bicara IronPort.

Memang tampaknya kegembiraan para pemakai e-mail tidak akan berlangsung lama. Sebab, Steer juga tak lupa menambahkan bahwa level spam bakal kembali normal menjelang Natal. Selengkapnya...

Jumat, November 14, 2008

Live streaming TV

Live streaming tv sudah dapat digunakan tersedia semua channel di indonesia kecuali SCTV. Kalau speed internetnya lambat jadi nge-lag melihat gambarnya jangan lupa pencet stop jika sudah tidak di tonton, selamat mencoba...... Selengkapnya...

Efek dari game yang bertema kekerasan

Efek negatif dari video game brutal masih menjadi perdebatan. Kali ini sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa bermain video game brutal mempengaruhi sistem di dalam tubuh manusia.

Penelitian yang dilakukan tiga institusi penelitian di Swedia, Stockholm University, Uppsala University dan the Karolinska Institute ini, melibatkan anak laki-laki berusia 12-15 tahun.

Dalam penelitian tersebut, anak-anak diminta bermain dua jenis video game yang berbeda pada malam hari. Perubahan detak jantung anak-anak tersebut diukur saat anak bermain video game brutal dan saat tidur.

Dari sini terlihat bahwa perubahan detak jantung meningkat lebih tinggi pada yang anak bermain video game kekerasan. Namun, anak-anak tersebut tidak menyadari bahwa tidur mereka terganggu setelah bermain video game kekerasan.

Perubahan detak jantung yang tinggi dan tidak teratur mengindikasikan adanya masalah kesehatan, tingkat stres yang tinggi atau emosi negatif pada seseorang. Selengkapnya...

Kamis, November 13, 2008

GP Singapura Raih Penghargaan

Singapura boleh berbangga. Sirkuit jalanan Marina Bay tempat menggelar GP Singapura mendapatkan penghargaan sebagai sirkuit dengan fasilitas terbaik tahun ini.

Penyelenggaraan balapan malam F1 pertama kali yang digelar di Singapura pada September lalu meraih sukses besar. Lay out sirkuit jalanan dan juga atmosfer penonton di "Negeri Singa" tersebut mendulang banyak pujian.

Hal itu semakin lengkap setelah Profesional Motorsport Dunia di Cologne menobatkan GP Singapura sebagai sirkuit fasilitas terbaik di tahun 2008 ini. Di kategori ini, Singapura mengalahkan sikuit baru jalan raya di Valencia. Selengkapnya...

Membuang sampah pada tempatnya

Buanglah sampah pada tempatnya agar lingkungan menjadi bersih dan tidak kumuh, lingkungan yang kumuh bisa menimbulkan penyakit sedangkan lingkungan yang bersih akan membuat kenyamanan. maka dari itu buang lah sampah pada tempatnya agar aman dan nyaman. Selengkapnya...

Sejarah Internet

Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Selengkapnya...

Cara Membuat BloG

I. Pengantar Blog atau weblog adalah tren gaya hidup digital yang kian berkembang, hari demi hari. Di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja. Termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan. Berikut ini adalah asumsi yang digunakan sebelum Anda mulai membuat blog:
Anda sudah memiliki account e-mail.
Anda terkoneksi dengan Internet saat mengerjakan blog.
Anda bisa menggunakan program Notepad atau text editor lain.
Anda paham istilah dan penggunaan copy atau paste.

Terakhir, sediakan bahan-bahan terlebih dahulu untuk memudahkan pengerjaannya. Misalnya foto-foto, tulisan yang pernah Anda buat sebelumnya, daftar alamat blog atau situs yang hendak Anda pasang dan tentu saja, nama blog Anda kelak.
Ingat, semua panduan di sini bersifat mendasar. Segala variasi dan pengembangan bisa Anda lakukan sendiri kemudian dengan sumber lain di Internwt yang sudah banyak tersedia. Jangan ragu saling kontak sesama blogger (pemilik blog), semua blogger pasti bersedia share ilmunya. Contoh-contoh blog gratisan milik anak atau keluarga bisa Anda lihat di http://binarnajla.blogspot.com, http://singakecil.blogspot.com, http://blogcinta.blogspot.com, dan masih banyak lainnya.

Blog yang dibuat dengan fasilitas gratis. Sebelah kiri hasil standar, dan sebelah kanan sudah di-edit desainnya.
II. Membuat Account
• Pertama, buka www.blogger.com.

Halaman awal Blogger.com
• Kemudian klik Create Your Blog Now!. Akan muncul sebuah halaman berisi form seperti form pendaftaran e-mail. Isi semua kolom yang ada, dan klik Continue. Lengkapi semua kolom di halaman berikutnya hingga selesai.

Halaman pendaftaran account Blogger.com.
• Saat pendaftaran, Anda akan diberikan pilihan beberapa pilihan template atau desain standar. Pilih salah satu dan klik Continue.

Pilihan template atau desain standar Blogger.com.
Setelah selesai proses pembuatan account ini, Anda bisa segera memulai posting atau mengisi blog.
III. Mengisi Blog
Pertama, login www.blogger.com.
Masukkan username serta password.
Kemudian klik New Post untuk mengisi blog Anda.


Halaman untuk memasukkan posting baru.
Ketikkan judul dan isinya pada kolom yang tersedia, dan gunakan tombol-tombol di bagian atas kolom isi posting atau gunakan perintah tombol yang tertulis di bagian bawah kolom posting. Misalnya untuk menebalkan huruf, member link pada sebuah kata dan lain sebagainya.
Selamat! Anda kini sudah memiliki blog.

IV. Mengedit Desain atau Template Setelah blog Anda selesai, mungkin Anda ingin untuk mengganti desainnya. Ada banyak template atau desain blog yang tersedia di Internet gratis. Salah satu yang hendak kita gunakan dalam modul ini adalah desain dari http://bloggertemplates.blogspot.com/.
Pertama, login ke www.blogger.com.
Masukkan username serta password.
Kemudian klik Change Setting.
Buka http://blogger-templates.blogspot.com/


Situs yang menyediakan template atau desain gratis blog.
Pilih desain yang Anda inginkan dengan meng-klik arsip per bulan yang ada di seblah kanan.
Dalam hal ini kita gunakan desain Sunflower sebagai contoh.
Klik Get the Code pada bagian bawah gambar desain Sunflower.

• Akan muncul sebuah hlaman berisi kode desain Sunflower.

Tampilan saat men-download template atau desain.
Klik Select all pada bagian bawah kolom yang berisi kode desain tersebut.
Kemudan klik kanan pada teks yang sudah tersorot, dan klik Copy.
Sementara itu, buka dan login www.blogger.com di window yang lain.
Klik change setting, dan klik Template. Pada window yang Template terbuka ini, sorot semua yang ada di dalam kolom dan delete.
Kemudan klik Paste, dilanjutkan dengan klik tombol berwarna oranye di bagian bawah.


Halaman untuk mengubah Template pada Blogger.com.
Dan tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian klik tombol Republish Entire Blog.
Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Open in New Window pada halaman setelah Republish Entire Blog.
Tentukan bagian mana saja yang hendak Anda ubah. Caranya, masuk kembali ke bagian Template pada Blogger.com dan cari bagian yang hendak diganti, kemudian klik tombol oranye di bagian bawah.

Jangan takut mencoba-coba. Toh, Anda bisa memulainya sejak awal dengan cepat sekarng.
V. Memberi Fasilitas Tag Board, Hit Counter dan Link Manager Agar menarik, berikan beberapa fasilitas dalam blog Anda. Misalnya tag board atau papan pesan bagi pengunjung blog Anda, hit counter untuk melihat jumlah pengunjung, serta link manager untuk mengatur daftar link

Contoh tag board, hit counter dan link manager.
Kita akan menggunakan tag board, hit counter dan link manager dari sebuah situs
yang sama untuk memudahkan penerapaannya.
Pertama, kita coba memasang tag board.

• Buka www.shouthuns.com, kemudian klik Register.

Halaman awal Shouthuns.com.
Isi semua kolom dalam form pendaftaran, dan klik tombol Register Now!
Login ke e-mail Anda, dan buka e-mail dari Shouthuns.Com yang subject “SHOUTHUNS - Registration Detail [Don't Reply]”
Klik link yang tersedia di e-mail tersebut. Atau buka Shouthuns.com, kemudian klik menu Activate.
Login ke Shouthuns.Com lagi, dan klik Shout Box di menu sebelah kiri.
Klik Get HTML code di bagian atas.
Pilih semua teks yang ada dengan meng-klik tomboh di bawah kolom.


E-mail notifikasi dari Shouthuns.com.

Mengambil kode HTML di Shouthuns.com.
Sementara itu, buka dan login www.blogger.com di window yang lain.
Klik change setting, dan klik Template.
Pada window yang Template ini, paste-kan kode HTML yang diperoleh dari Shouthuns.com, pada bagian yang Anda kehendaki.
Klik tombol berwarna oranye di bagian bawah.
Dan tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian klik tombol Republish.
Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Open in New Window pada halaman setelah Republish.
Jika Anda hendak membalas message yang masuk, login-lah ke www.shouthuns.com.
Klik Tag Board di menu sebelah kiri dan pilih menu Edit & Reply di sebelah atas.


Klik tombol Republish entire blog, untuk menyimpan semua hasil editing template.

Halaman untuk menjawab pesan yang masuk pada tag board Anda.
Kedua, kita coba memasang hit counter.
Buka www.shouthuns.com, dan login.
Klik menu Hit Counter di sebelah kiri.
lik Get HTML code di bagian atas.
Pilih semua teks yang ada dengan meng-klik tomboh di bawah kolom.
Sementara itu, buka dan login www.blogger.com di window yang lain.
Klik change setting, dan klik Template.
Pada window yang Template ini, paste-kan kode HTML yang diperoleh dari Shouthuns.com di bagian yang Anda inginkan.


Setiap selesai meng-edit template atau desain, klik tombol orange ini.
Klik tombol berwarna oranye di bagian bawah.
Dan tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian klik tombol Republish.
• Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Open in New Window pada halaman setelah Republish.
Ketiga, memasang link manager.
Buka www.shouthuns.com, dan login.
Klik menu Link Manager di sebelah kiri.
lik Get HTML code di bagian atas.
Pilih semua teks yang ada dengan meng-klik tomboh di bawah kolom.
Sementara itu, buka dan login www.blogger.com di window yang lain.
Klik change setting, dan klik Template.
Pada window yang Template ini, paste-kan kode HTML yang diperoleh dari Shouthuns.com di bagian ynag Anda inginkan.
Klik tombol berwarna oranye di bagian bawah.
Dan tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian klik tombol Republish.
• Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Open in New Window pada halaman setelah Republish.
Tag board, hit counter dan link manager bisa di-edit desainnya dengan login ke
Shouthuns.com dan memilih Setting di setiap menu.
Misalnya hendak mengedit tag board, caranya:

Login ke Shouthuns.Com lagi, dan klik Shout Box di menu sebelah kiri.
Klik Setting di bagian atas.
Ubahlah bagian-bagian yang Anda inginkan. Dan klik Update Your Setting.


Halaman untuk mengedit setting.
Langkah-langkah editing ini bisa Anda lakukan untuk mengatur link manager dan hit counter.
VI. Meletakkan Gambar Salah satu kesulitan yang sering dialami oleh pemilik blog -terutama yang gratisan-adalah meletakkan gambar ke dalam blog. Ok, akan kita coba, tentu saja dengan cara sederhana dan gratis.
Pertama, buka situs www.photobucket.com.
Klik Sign Up. Isi formulir yang tersedia hingga selesai.


Halaman pendaftaran Photobucket.com.
Photobucket kemudian akan mengirimkan kode notofikasi yang bisa Anda gunakan untuk login.
Buka e-mail Anda untuk melihat kode aktifasi account baru di www.photobucket.com.
Ada sebuah link yang diberikan, dan klik-lah untuk mengaktifkan account Anda tersebut.


E-mail notifikasi dari Photobucket.com.
Kemudian login ke www.photobucket.com, dan Anda akan berhadapan dengan halaman penempatan foto.
Klik Browse dan pilih foto yang hendak Anda pasang di blog.
Klik tombol Submit di bagian bawah tombol Browse.
Ulangi lagi jika ada beberapa foto yang hendak Anda pasang.
Setelah foto terpasang, pilih yang hendak Anda pasang pada blog.
Sorot tag code di bagian kemudian copy.
Paste tag ke dalam blog Anda, bisa di bagian posting atau di template. Sesuaikan dengan keinginan Anda.


Sorot atau pilih tag code di bagian paling bawah foto yang hendak Anda pasang.
Jangan lupa, klik tombol oranye setiap selesai posting atau edit template. Khusus foto, usahakan ukuran foto tidak lebih dari 50 KB, supaya blog mudah dan cepat diakses. Jika ukuran besar, convert-lah terlebih dahulu menggunakan Photoshop atau ACDSee. Selengkapnya...

Rabu, November 12, 2008

Download Lagu Indo

Loe bisa juga download lagu2 indonesia disitu.... Selengkapnya...

MP3 Online

Loe bisa dengerin lagu indo di blog ini, cari aja di sebelah kanan.... Selengkapnya...

Rangkuman Bab 1~8

BAB 1 Mengenal Internet

1.1.1 Apa itu Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Internet adalah kumpilan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Ada 2 peranan internet yang sangat penting, yakni:
1. Sebagai sumber data dan informasi
2. Sarana pertukaran data dan informasi
Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan kita dapat mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, dan hukum suatu negara.

1.1.2 Berbagai Aplikasi Internet
World Wide Web
World Wide web atau www merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. Aplikasi www dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format Hypertext Markup Language(HTML). Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat text, gambar, animasi, audio, dan video.

Electronic Mail(E-Mail)
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan alat komunikasi yang cepat dan murah. Kita dapat mengirimkan surat ke seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah.

Mailing List
Mailing list adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap e-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi yang digunakan untuk berkomuniksasi satu sama lain dalam sebuah forum.

Internet Relay Chat
IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.

File Transfer Protocol
FTP adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke/dari komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.

Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.

Gopher
Gopher adalah aplikasi yangdigunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.

Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terkoneksi dengan komputer lain di internet.

1.1.3 Sejarah Perkembangan Internet
Pada bulan Oktober 1962 dimulailah riset komputer di APRA. Pada tahun 1965 dengan bantuan dana dari APRA, Larry Rober dan Thomas Marill berhasil menghubungkan 2 komputer. Pada tahun 1966 Bob Taylor dari APRA membuat jaringan yang menghubungkan sejumlah universitas. Tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai APRANET.
APRANET pertama kali online pada tahun 1969. Pada saat itu menghubungkan komputer di Barat Daya AS.
Pada tahun 1990 APRANET resmi ditutup. Sekarang penggunaan jaringan nirkabel untuk koneksi ke internet sudah berkembang dengan baik, contohnya adalah WiFi, GPRS, dan 3G

1.2.1 E-Commerce
E-Commerce adalah perdagangan secara elektronik. Perdagangan ini dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet.
Keuntungan yang diperoleh pedagang :
1. Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknyakepada lebih banyak orang.
2. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
3. Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi
4. Harga barang lebih murah, sehingga banyak orang yang membeli
5. Dapat meningkatkan daya saing perusahaan
Keuntungan yang diperoleh konsumen :
1. Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang
2. Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya transportasi
3. Konsumen mempunyai banyak pilihan
4. Konsumen dapat membeli barang dari luar negeri
5. Harga barang yang dibeli menjadi lebih murah

1.2.2 Internet Banking
Internet Banking memberikan keuntungan kepada nasabah bank, karena nasabah tidak perlu lagi datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan. Selain itu nasabah juga dapat melakukan transaksi kapan saja dan dari mana saja (asalkan tersedia internet).

1.2.3 Belajar Jarak Jauh
Ada beberapa faktor untuk belajar jarak jauh:
Institusi Penyelenggara
Pengajar
Siswa
Teknologi
1.2.4 Keamanan Data dalam Transaksi di Internet
Beberapa hal untuk menjaga transaksi yang aman :
Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank
Setelah selesai menggunakan toko online atau internet banking, kita harus logout sebelum menutup browser
Kita tidak boleh meninggalkan komputer saat login
Komputer harus dilengkapi dengan Anti-Virus yang selalu aktif dan up to date
Gunakan komputer pribadi untuk mengakses toko online dan interet banking
Kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID, dan password milik kita.


BAB 2 Jaringan Komputer dan Komunikasi

2.1.1 Apa Itu Jaringan Komputer?
Jaringan Komputer adalah komputer yang terhubung satu dengan lainnya. Dalam sebuah jaringan komputer terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Beberapa manfaat internet :
Membagi sumber daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan untuk membagi sumber daya yang ada, seperti data-data, file-file, dan program-program.
Realibitas tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengkopi data-data ke dua atau tiga komputer, bahkan lebih. Apabila ada komputer yang rusak kita masih dapat menggunakannya dari komputer lain.
Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan,perusahaan dapat menghemat uang, karena 1 buah printer dapat digunakan oleh banyak komputer dalam jaringan tersebut.
Sarana komunikasi
Ini akan memudahkan pimpinan perusahaan untuk meberikan pengumuman rapat.

2.1.2 Berbagai Jenis Jaringan
Local Area Network
LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung perkantoran. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer di dalam kantor tersebut
Metropolitan Area Network
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan.
Wide Area Network
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup sebuah negara atau benua.
Internet
Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Internet merupakan kumpilan dari LAN,MAN,WAN yang ada di seluruh dunia.
2.1.3 Perangkat Jaringan Komputer
1. Server
Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi,aplikasi,dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan.
2. Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk pengolahan data yang diambil dari server.
3. Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau LAN card adalah perangkat keras jaringan yang dipasang di motherboard komputer yang terdapat di jaringan.
4. Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal dari LAN Card. Juga berfungsi sebagai penguat sinyal.
5. Kabel dan konektor
Kabel dan konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain
6. Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan
7. Bridge
Bridge adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain
8. Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari saru jaringan ke jaringan lain.

2.2.1 Komunikasi Data
Dalam komunikasi data, komputer menggunakan protokol-protokol komunikasi data. Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol.
TCP/IP terdiri dari empat lapis kumpulan protocol, biasa disebut dengan layer. Fungsi masing-masing protokol adalah sebagai berikut:
Application Layer
Lapisan ini berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dengan data
Transport Layer
Transport Layer berfungsi untuk mengadakan komunikasi antar dua host/komputer
Internet Layer
Internet Layer terdiri dari IP, ARP, dan ICMP. Protokol IP berfungsi untuk menyampaikan data ke alamat yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama. ICMP untuk mengirim pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data
Network Interface Layer
Network Interface Layer berfungsi mengirimkan dan menerima data.




2.2.2 Keamanan Data dalam Jaringan
Ada beberapa cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer, antara lain:
Spoofing
Bentuk penyusupan yang dilakukan hacker sehingga dapat login dengan cara ilegal.
Scanner
Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan debuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun di jaringan lain.
Sniffer
Program ini menganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer.
Password Cracker
Program ini dapat membuka password yang sudah dienkripsi (dikodekan).
Destructive Device
Program ini berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data-data.

Beberapa teknik pengamanan data yang ada saat ini, antara lain sebagai berikut:
Internet Firewall
Internet Firewall berfungsi untuk Mencagah akses dari pihak luar ke sistem internal.
Kriptografi
Kriptografi adalah seni menyandikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet.
Secure Socket Layer (SSL)
SSL berfungsi untuk menyandikan data. Dengan cara ini, komputer-komputer yang berada diantara komputer pengirim dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data.

Bab 3 Akses Internet

3.1.1 Internet Service Provider
Koneksi ke internet membutuhkan infrastruktur yang mahal. Karena itu, tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan. Perusahaan yang melayani jasa koneksi ke internet disebut dengan Internet Service Provider.
Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP. Kriteria-kriteria tersebut adalah:
1. Kecepatan Transfer data
Suatu kecepatan transfer data adalah byte per second(bps). Artinya, banyak bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam satu detik.
2. Bandwith
Bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data yang ditransfer.
3. Memiliki server proxy
Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat
4. Memiliki backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan Internet. Pembuatan sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar
5. Keamanan data
Transaksi internet rawan dengan pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan Firewall untuk menjawin keamanan transakasi online yang kita lakukan
6. Layanan yang diberikan
Kita perlu tahu layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. Seperti account email dan spam filter.
7. Biaya
Kita perlu mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP. Ada beberapa contoh pembayaran yaitu dengan cara per bulan atau per waktu yang digunakan
8. Hardware
Kita perlu tahu berapa banyak modem yang dimiliki oleh ISP, kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan per modem
9. Teknologi yang digunakan
Beberapa ISP menggunakan layanan koneksi dial up menggunakan kompresi data, yang memungkinkan transfer data lebih cepat.
3.1.2 Perangkat Keras untuk Mengakses Internet
Melalui Koneksi Dial-Up
Jika kita menghubunkan komputer ke internet dengan koneksi dial-up, ada dua perangkat tambahan yang kita butuhkan yaitu saluran telepon dan modem.
Saluran telepon dibutuhkan untuk menghubunghkan komputer kita dengan ISP yang digunakan. Selanjutnya, ISP tersebut akan meneruskan koneksi kita ke internet.
Modem dibutuhkan untuk mengubah sinya digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar dapat dikirimkan melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal digital agar dapat dimengerti komputer.

Melalui Teknologi ADSL
ADSL atau Asymmetrical Digital Subscribe Line adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepon
Bila kita ingin mengakses internet dengan menggunakan teknologi ASDL, kita harus mempunyai sebuah modem ASDL, jalur telepon, dan terdaftar pada ISP yang mempinyai layanan ASDL

Melalui Jaringan LAN
Salah satu cara untuk terhubung ke Internet adalah dengan menhubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus, maupun warnet.
Agar kita dapat terhubung dengan komputer server di LAN, komputer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card). Selanjutnya, untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain, kita memerlukan kabel UTP.

Melalui Jaringan GPRS
GPRS atau General Packet Radio Service merupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. GPRS merupakan perkembangan dari teknologi GSM. GPRS memungkinkan pengiriman data sampai pada kecepatan 115 kbps
Jika kita menggunakan GPRS, kita membutuhkan sebuah handphone yang sudah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan GPRS

Melalui Jaringan WiFi
WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirim data.
Untuk terkoneksi dengan WiFi komputer kita harus menggunakan WiFi Card dan harus berada pada lokasi-lokasi yang dijangkau sinyal WiFi



Menggunakan Jaringan TV Kabel
Persyaratan mengakses internet dengan menggunakan TV kabel, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi, antara lain:
1. Berlangganan dengan TV kabel yang dilengkapi dengan layanan internet
2. Perangkat komputer standar yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi dan browser yang mendukung internet
3. Cable Modem dengan DOCSIS system, modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV kabel
4. Ethernet Card

Menggunakan 3G
Teknologi telekomunikasi generasi ketiga (3rd generation) atau lebih populer dengan nama 3G adalah teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yang dirancang dengan kecepatan tinggi. Kecepata 3Gdirancang sebesar 2 Mbps
Jika ingin menggunakan 3G, kita membutuhkan sebuah handphone yang dilengkapi teknologi 3G dan SIM Card dari operatorselular tertentu yang menyediakan layanan 3G

3.1.3 Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet
Berikut ini adalah contoh-contoh perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi internet:
1. Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator adalah browser yang digunakan untuk mengakses web atau aplikasi www.
2. Cute FTP, Go!Zilla, dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan FTP
3. mIRC, Yahoo Massenger, dan ICQ adalah program untuk mejalankan chatting
4. Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail

Bab 4 Koneksi ke Internet

4.1.1 Jaringan Komputer (LAN)
Agar dapat mengakses internet melalui LAN, komputer kita harus terhubung dalam jaringan tersebut. Untuk dapat terhubung dalam jaringan, kita harus memiliki kartu jaringan(LAN Card)
Keuntungan mengakses internet melalui LAN adalah biaya untuk akses internet lebih murah
Kelemahan dari akses internet melalui LAN adalah jika melakukan akses yang banyak, akses akan menjadi lambat, terlebih lagi jika bandwith yang ada terbatas.

4.1.2 Saluran Telepon Langsung
Bila kita menggunakan layanan koneksi internet melalui dial-up, selain membayar biaya langganan ISP, kita juga harus membayar pulsa telepon yang kita gunakan setiap kali kita mengakses internet.
Kecepatan akses dengan menggunakan dial-up dapat mencapai 56 Kbps. Namun, biasanya kurang dari kecepata maksimal, terutama jika jaringan telepon yang digunakan sedang sibuk.
Kelebihan dari koneksi internet menggunakan dial-up adalah jaringan yang luas. Asal sudah terpasang telepon, kita dapat menggunakan akses ini
Kekurangan dari akses dial-up harga yang relatif mahal dan kecepatan akses yang tidak stabil.

4.1.3 Teknologi ADSL
Teknologi ADSL memungkinkan mengakses internet dengan kecepatan tinggi di internet. ADSL mampu mengirimkan data-data sampai pada kecepatan 2 Mbps ke pengguna yang berjarak 5 km dari sentral telepon
Kelebihan dibandingkan dari koneksi dial-up adalah sambungan internet tidak terganggu meskipun ada telepon masuk atau keluar
Kelemahan dari teknologi ADSL adalah harga modem yang lebih mahal dari modem dial-up dan harga langganan ADSL masih terlalu mahal.

4.1.4 Jaringan TV Kabel
Jaringan TV kabel dibuat untuk jalur komunikasi yang lebar. Hal ini mengingat TV kabel harus melewatkan data gambar bergerak dan suara dengan kualitas tinggi. Biasanya biaya sudah termasuk dengan paket TV kabelnya
Kelebihan mengakses internet dengan TV kabel adalah kita bebas menggunakan setiap saat dan bebas dari gangguan telepon
Kelemaha dari internet menggunakan TV kabel adalah hanya dapat mencakup kota besar yang terjangkau dengan TV kabel

4.1.5 GPRS
GPRS merupakan teknologi perkembangan dari teknologi GSM. Sebagai teknologi komunikasi nirkabel, kita dapat memanfaatkan GPRS untuk mengakses internet dimana saja dalam jangkauan sinyal GPRS. Kecepatan transfer data dari GPRS masih berada pada 25-30 kbps. Sistem tarif berdasarkan banyaknya data yang ditransfer.
Kelemahan dari GPRS adalah harga layanan yang relatif mahal dan hanya handphone tertentu yang terdapat layanan GPRS

4.1.6 WiFi
Dengan menggunakan WiFi kita dapat mengakses internet dengan cepat. WiFi mempunyai kecepatan akses hingga 11 Mbps atau lima kali lebih cepat dari akses internet menggunakan 3G
Ada tiga komponen yang terdapat pada lokasi hotspot, antara lain:
1. Access Point adalah perangkat yang menghubungkan teknologi wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat pada komputer. Titik akses memiliki kemampuan melayani pengguna sebnayak 128 orang. Luas daerah yang dapat dijangkau mencapai 25-100 meter
2. Access Controller adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi.
3. Internet Link adalah perangkat yang menghubunkan lokasi hotspot dengan internet. Mempunyai kemampuan koneksi sampai kecepatan 512 Kbps.

4.1.7 Wireless Broadband
Dibandingkan dengan WiFi, WiBro dapat diakses dalam jangkauan 1 km dari titik poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses juga dapat dilakukan dalam kendaraan yang bergeraak sampai 60 km/jam

4.1.8 3G
Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator GSM maupun CDMA. Pada operator GSM, 3G menggunakan teknologi WCDMA. Teknologi tersebut merupakan evolusi dari teknologi GSM yang kemudian berkembang mencadi GPRS. Kemudian GPRS berkembang menjadi EDGE dan akhirnya mencadi WCDMA (3G).
Kelebihan dari 3G adalah bandwithnya lebar, juga didukung oleh HSDPA. Teknologi tersebut memungkinkas akses internet mencapai 2,6 Mbps
Kelemahan dari 3G adalah hanya bisa menggunakan sebatas daerah jangkauan operator penyedia layanan dan harus mempunyai handphone dilengkapi dengan teknologi 3G

Bab 5 Menjelajahi Internet

5.1.1 Menjalankan Browser
Langkah-langkah untuk menjalankan internet explorer dari Menu Start adalah sebagai berikut :
Klik menu Start
Pilih Programs
3. Carilah Internet Explorer dan kemudian klik

5.1.2 Bagian-Bagian Browser
Title Bar
Title Bar berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan, tombol Minimize, Maximize, Close

Menu Bar
Menu Bar merupakan tempat menu-menu yang terdapat pada Internet Explorer, Antara lain File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help

Toolbar
Tombol-tombol di toolbar merupakan tombol-tombol yang sering dipakai, tombol yang terdapat pada toolbar antara lain Back, Forward, Refresh, Home, Search, Favorites, History, Mail, dan Print


Address Bar
Address Bar adalah kotak teks yang digunakan untuk memasukan alamat website yang ingin ditampilkan di jendela Internet Explorer

Status Bar
Status Bar menampilkan kemajuan proses yang sedang dilakukan pada saat browser mendownload sebuah halaman web

Task Pane
Task Pane adalah jendela kecil yang muncul di bagian kiri jendela browser apabila mengetik tombol Search, History, dan Favorites

5.1.3 Istilah-istilah Dasar Internet

Intranet
Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil

Browser atau Web Browser
Browser adalah program yang digunakan untuk mengakses internet

HTML
HTML adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web

Server
Server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen dari web tertentu. Komputer itu melayani komputer yang mengakses website yang disimpannya.

Client
Komputer Client adalah komputer yang terdapat pada sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan

Bandwidth
Bandwidth adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu

Search Engine
Search engine merupakan program di website tertentu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet

URL (Uniform Resource Locator)
URL adalah sistem pemberian nama alamat website

Website
Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait

Homepage
Homepage adalah halaman pertama yang terdapat pada sebuah website

Web Page
Web Page merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu kepada sebuah halaman web

Hypertext Link atau Link
Link adalah sebuah text, gambar, atau tombol pada halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain

ISP atau Internet Service Provider
ISP berfungsi sebagai penyedia layanan koneksi ke internet

Program Dial-Up
Program Dial-Up adalah program yang terdapat pada komputer yang berfungsi untuk mengatur modem dan mengatur hubungan dengan ISP

Off-line
Off-line adalah kondisi koneksi komputer kita dalam keadaan terputus

Online
Online adalah kondisi koneksi komputer kita dalam keadaan tersambung

Login
Login adalah proses pemasukan user ID dan password

Logout
Logout adalah proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas

Protokol
Protokol adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu

HTTP atau Hyper Text Transfer Protocol
HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mempertukar informasi di internet

POP atau Post Office Protocol
POP adalah protokol yang digunakan untuk mengambile-mail yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP

Download
Download adalah Proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan


Upload
Upload adalah proses penempatan file dari komputer kita ke komputer server di internet

Freeware
Program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis

Shareware
Kita harus membeli dengan cara membayar biaya pendaftaran

GIF atau Graphical Interchange Format
GIF merupakan suatu format file gambar. GIF mempunyai ukuran file yang kecil

JPEG atau Joint Photographic Experts Group
JPEG mempunyai warna yang lebih banyak dibandingkan dengan GIF, JPEG juga mempunyai ukuran file yang kecil

SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan

5.1.4 Alamat Website
Berbagai nama domain
.edu (Pendidikan USA)
.gov (Pemerintah Amerika)
.go.id (Pemerintah Indonesia)
.jp (Jepang)
.id (Indonesia)
.sg (Singapura)
.uk (United Kingdom)
.org (Organisasi non profit)
.com (Perusahaan)
.net (Penyedia jasa internet)
.mil (Militer)
.ac (Akademi)

Bab 6 E-Mail

6.1.1 Pengertian E-mail
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat menjadi e-mail. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan karena e-mail merupakan alat komunikasi yang cepat dan murah.
File yang dilampirkan dalam sebuah e-mail dikenal dengan istilah file attachment. File-file attachment dari sebuah e-mail dapat berupa file apa saja, termasuk file dokumen(.doc), Excel(.xls), program(.exe), gambar(.JPEG), dan sebaginya

POP Mail
POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.
Kelebihan POP mail adalah dapat dibuka pada saat keadaan offline. Dengan cara seperti ini kita dapat menghemat biaya akses internet.
Kekurangan POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin mengakses dengan komputer lain, harus terlebih dahulu melakukan pengaturan ulang

E-mail berbasis web
E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, BolehMail, dan lain-lain.
Kelebihan dari e-mail berbasis web adalah diberikan gratis oleh website yang bersangkutan
Kekurangan dari E-mail berbasis web adalah hanya dapat membaca e-mail dalam kondisi online

E-mail forwarding
E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain
Kelebihan dari e-mail ini adalah kita bisa menyembunyikan e-mail asli kita. Selain itu dapat mengganti alamat e-mail
Kekurangan dari e-mail ini adalah hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain, ini akan memakan banyak waktu sehingga lama untuk sampai ke alamat

6.1.2 Etika Mengirimkan E-mail
Salam pembuka
Perkenalkan diri
Langsung ke pokok kalimat
Jawablah semua pertanyaan
Lakukan pengeditan
Gunakan subjek yang sesuai
Mengatur prioritas
Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
Jangan meneruskan e-mail berantai
Hormati Privasi orang lain
Jangan melakukan spam
Gunakan huruf besar seperlunya
Hati-hati bila menggunakan singkatan dan ikon emosi
Jangan terbawa emosi
Bersabarlah menunggu balasan e-mail
Ketertarikan berbeda
Jangan lampirkan file yang tidak perlu
Buatlah layout yang baik

6.2.1 Mailing List
Mailing list adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis mempunyai alamat sendiri yang disebut dengan alamat milis.
Milis banyak dimanfaatkan sebagai sarana kmunikasi antara anggota kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kumpulan orang seprofesi, mempunyai hobi atau minat yang sama, anggota organisasi, teman-teman sekelas, dan sebagainya
Contoh website yang menyediakan jasa layanan milis antara lain PlasaGroup, YahooGroup, dan sebagainya

6.2.2 Pertimbangan Menjadi Anggota Milis Tertentu
Untuk memutuskan untuk bergabunga dengan sebuah milis, berikut ini dapat dijadikan pertimbangan
Tujuan Milis
Dengan mengetahui tujuan milis kita dapat mengetahui apakah milis tersebut bakal bermanfaat atau tidak bagi kita
Seberapa banyak e-mail yang masuk
E-mail ke milis yang terlalu banyak akan merepotkan kita, apalagi jika tidak semua e-mail penting
Waktu yang kita miliki untuk membuka e-mail
Jika kita tidak punya banyak waktu untuk membuka E-mail, e-mail yang berasal dari milis akan merepotkan kita saja

6.2.3 Etika dalam Milis
Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topik
Mengirim file besar kepada teman/rekan kerja
Posting ke milis padahal seharusnya japri
Mengirim ulam e-mail
Memposting topik yang tidak pada tempatnya

Bab 7 Mencari dan Mengelola Informasi

7.1.1 Mesin Pencari
Mesin pencari internet adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di Internet.
Umumnya struktur dasar sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut :
§ Kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukan kata yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian
§ Tombol pencarian untuk menjalankan perintah pencarian
Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan andal, yaitu :
§ Mempunyai database yang besar dan sering diperbarui
§ Tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan
§ Mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.
Berikut ini adalah beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan.
§ Google (http://www.google.com/)
§ Yahoo (http://www.yahoo.com/)
§ Altavista (http://www.altavista.com/)
§ Lycos(http://lycos.com/)

7.1.2 Mesin Pencari Google
Google merupakan mesin pencari yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pencarian super cepat. Hal ini disebabkan Google menggunakan perangkat keras dan dukungan perangkat lunak yang canggih.
Google memberikan hasil pencarian yang cepat dan relevan. Google memungkinkan kita mencari lebih dari 1 juta alamat URL di internet. Namun, kelemahannya, informasi di halam web yang disimpan di cache Google sering kali tidak up to date.

7.1.3 Halaman Pencarian
Secara Default , Google akan menampilakan dua puluh daftar dokumen setiap halaman hasil pencarian. Kita dapat mengatur daftar tersebut sesuai dengan keinginan kita.
Halaman pencarian terdiri dari:
- Katagori
- Kata kunci pencarian
- Tombol cari
- Link pencarian canggih
- Kesukaan
- Statistik pencarian
- Judul halaman
- Teks di bawah judul
- Alamat URL
- Ukuran file
- Tersimpan
- Halaman mirip
- Halaman yang sama
- Lebih banyak hasil

7.1.4 Mencari dengan Kata Tertentu
Berikut ini ditunjukan langkah-langkah untuk melakukan pencarian dengan kata tertentu:
- Jalankan Internet Explorer. Kemudian ketiklah website mesin pencari yang kita gunakan, misalnya http://www.google.com/. Kemudian klik tombol go atau tekan Enter pada keyboard. Tunggulah sampai website Google ditampilkan
- Setelah mesin pencari ditampilkan di jendela browser, ketikkan kata kunci ”lagu” di kotak teks pencarian. Tekanlah tombol Mesin Cari Google atau tekan tombo Enter di keyboard. Proses pencarian akan dimulai. Tunggulah sampai hasil pencarian ditampilkan
- Hasil pencarian telah ditampilkan, di mana terdapat 876.000 dokumen yang ditampilkan
- Jika kita merasa hasil pencarian masih terlalu banyak, mulailah pencarian dengan kata ganti yang baru dan lebi fokus, misalnya kata “lagu peterpan”. Klik tombol Mesin Pencari Google atau tekan tombol Enter di keyboard
- Hasil pencarian yang baru akan ditampilkan, di mana terdapat 13.300 dokumen yang ditemukan.

7.1.5 Pencarian Menggunakan Frasa
Mencari informasi dengan menggunakan kata kunci berupa frasa dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Tampilkan mesin pencari Google di browser
- Ketikkan frasa yang hendak dicari dalam kotak pencarian dengan memberi tanda kutip (“) di depan dan di belakang frasa tersebt, misalnya “batu ginjal”
- Klik tombol Mesin Cari Google atau tekan tombol enter di keyboard untuk mengaktifkan proses pencarian
- Mesin pencari hanya akan mencari dan menampilkan dokumen-dokumen yang berisi frasa batu ginjal

7.1.6 Menggunakan Fungsi Pengecualian
Langkah-langkah untuk melakukan pencarian dengan menghilangkan kata penggangu adalah sebagai berikut.
- Tampilkan mesin pencari di browser
- Klik teks Pencarian canggih
- Ketiklah kata kunci pencarian di kotak teks dengan semua kata-kata
- Di kotak teks tanpa kata-kata, ketiklah kata penggangu yang ingin dihilangkan
- Lakukan pengaturan yang lain
- Klik tombol Mesin cari Google untuk memulai proses pencarian.

Bab 8 Chatting

8.1.1 Apa yang dimaksud dengan IRC?
IRC merupakan aplikasi internet yang memungkinkan kita berkomunikasi secara real time. Real time artinya seketika atau saat itu juga.
Berkomunikasi dengan menggunakan IRC disebut dengan Chatting. Sedangkan orang yang melakukannya disebut dengan Chatter. Progaram chatting yang ada saat ini adalah mIRC, Pirch, Virc, Yahoo Messenger, dan sebagainya.

8.1.2 Simbol dan Singkatan dalam Chatting
Beberapa bahasa chatting yang sering digunakan Adalah:
- wb (Welcome Back/ selamat datang kembali)
- asap (As soon as posible/ sesegera mungkin)
- imo (In my opinion/ menurut pendapat saya)
- jk (Just kidding/ hanya bercanda)
- brb (Be right back/ segera kembali)
- cul (See you later/ sampai jumpa lagi)
- cu (See you/ sampai jumpa)
- oic (Oh I see/ ya saya mengerti)
- Thx/thax (Thanks/ terima kasih)
- btw (By the way/ ngomong-ngomong)
- gtg (Got to go/ saya harus pergi)
- asl (Age,sex,location/ umur,jenis kelamin,lokasi)
- pls (Please/ tolong)
- co (Cowok)
- ce (Cewek)
- np.nop (No problem/ tidak masalah)
- b4 (Before/ sebelomnya)
- dc (Discconect/ proses chatting terputus)
8.1.3 Etika Chatting
- Gunakan bahasa yang sopan
- Jangan menggunakan huruf besar
- Jangan mengirimkan spam yang tidak penting secara terus menerus
- Jangan menggunakan warna yang mencolok
- Jika orang lain mengajak kita berbicara topik yang kita tidak suka, tolak lah dengan cara yang halus
- Hindaripertengkaran atau perdebatan sengit
- Jika kita mendapat kata-kata yang tidak senonoh/ kata-kata kasar, sebaiknya tidak usah dilayani.

8.1.4 Manfaat dan Dampak Buruk Chatting
Manfaat Chatting:
- Sarana murah dan mudah
- Konsultasi dengan dokter
- Berhubungan dengan pakar
- Mengetahui isi buku
- Mendapatkan tema baru
- Sarana belajar dan diskusi
Dampak negatif Chatting:
- Mengobrol yang tidak senonoh
- Terkena virus
- Rematik dan otot pegal
- Maniak Chatting
- Berhubungan dekat dengan orang yang tidak jelas . Selengkapnya...

Senin, November 10, 2008

Peristiwa 10 November

Peristiwa 10 November merupakan peristiwa sejarah perang antara Indonesia dan Belanda. Pada 1 Maret 1942, tentara Jepang mendarat di Pulau Jawa, dan tujuh hari kemudian, tepatnya, 8 Maret, pemerintah kolonial Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Sejak itu, Indonesia diduduki oleh Jepang.

Tiga tahun kemudian, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu setelah dijatuhkannya bom atom (oleh Amerika Serikat) di Hiroshima dan Nagasaki. Peristiwa itu terjadi pada Agustus 1945. Mengisi kekosongan tersebut, Indonesia kemudian memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Sebelum dilucuti oleh sekutu, rakyat dan para pejuang Indonesia berupaya melucuti senjata para tentara Jepang. Maka timbullah pertempuran-pertempuran yang memakan korban di banyak daerah. Ketika gerakan untuk melucuti pasukan Jepang sedang berkobar, tanggal 15 September 1945, tentara Inggris mendarat di Jakarta, kemudian mendarat di Surabaya pada 25 Oktober. Tentara Inggris didatangkan ke Indonesia atas keputusan dan atas nama Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan yang ditahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang ke negerinya. Tetapi, selain itu, tentara Inggris juga membawa misi mengembalikan Indonesia kepada pemerintah Belanda sebagai jajahannya.NICA (Netherlands Indies Civil Administration) pun membonceng. Itulah yang meledakkan kemarahan rakyat Indonesia di mana-mana.

Di Surabaya, dikibarkannya bendera Belanda, Merah-Putih-Biru, di Hotel Yamato, telah melahirkan Insiden Tunjungan, yang menyulut berkobarnya bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dengan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat. Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan tentara Inggris di Surabaya, memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur), pada 30 Oktober.

Setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, penggantinya (Mayor Jenderal Mansergh) mengeluarkan ultimatum yang merupakan penghinaan bagi para pejuang dan rakyat umumnya. Dalam ultimatum itu disebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas. Batas ultimatum adalah jam 6.00 pagi tanggal 10 November 1945.

Ultimatum tersebut ditolak oleh Indonesia. Sebab, Republik Indonesia waktu itu sudah berdiri (walaupun baru saja diproklamasikan), dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) sebagai alat negara juga telah dibentuk.

Selain itu, banyak sekali organisasi perjuangan yang telah dibentuk masyarakat, termasuk di kalangan pemuda, mahasiswa dan pelajar. Badan-badan perjuangan itu telah muncul sebagai manifestasi tekad bersama untuk membela republik yang masih muda, untuk melucuti pasukan Jepang, dan untuk menentang masuknya kembali kolonialisme Belanda (yang memboncengi kehadiran tentara Inggris di Indonesia).

Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30 000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan sejumlah besar kapal perang.

Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk.

Pihak Inggris menduga bahwa perlawanan rakyat Indonesia di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo 3 hari saja, dengan mengerahkan persenjataan modern yang lengkap, termasuk pesawat terbang, kapal perang, tank, dan kendaraan lapis baja yang cukup banyak.

Namun di luar dugaan, ternyata para tokoh-tokoh masyarakat yang terdiri dari kalangan ulama' serta kiyai-kiyai pondok jawa seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah serta kiyai-kiyai pesantren lainnya mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat umum (pada waktu itu masyarakat tidak begitu patuh kepada pemerintahan tetapi mereka lebih patuh dan taat kepada para kiyai)juga ada pelopor muda seperti bung tomo dan lainnya. sehingga perlawanan itu bisa bertahan lama, berlangsung dari hari ke hari, dan dari minggu ke minggu lainnya. Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran besar-besaran ini memakan waktu sampai sebulan, sebelum seluruh kota jatuh di tangan pihak Inggris.

Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu juga telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan. Selengkapnya...

Peringatan Sumpah Pemuda

Momentum peringatan 80 tahun Sumpah Pemuda saat ini sudah seharusnya dimanfaatkan sebagai ajang introspeksi peran pemuda dalam perjuangan pada bentuk yang berbeda.

Karena banyak pemuda yang tak memanfaatkan waktu dengan benar sehingga waktu menjadi sia-sia, Dengan peringatan sumpah pemuda kita bisa meneruskan perjuangan para pemuda di masa dahulu dengan belajar agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju Selengkapnya...

Tentang Pemanasan Global

• Pemanasan global adalah terjadinya peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi secara global.
• Pemanasan global (dikenal juga dengan perubahan iklim) terjadi akibat kegiatan manusia terutama yang berhubungan dengan pembakaran bahan bakar fosil (batubara, minyak & gas).
• Jika suhu rata-rata permukaan bumi naik dengan cepat maka akan terjadi perubahan permukaan bumi secara radikal, akibatnya akan mempengaruhi kehidupan berbagai mahluk hidup.
• Berbagai dampak akibat pemanasan global antara lain: Mencairnya es di kutub utara yang kemudian berdampak pada naiknya permukaan air laut; tenggelamnya pulau-pulau kecil serta berkurangnya luas daratan akibat kenaikan permukaan laut; bergesernya periode musim hujan dan musim kemarau; banjir dan tanah longsor yang melanda di banyak wilayah di Indonesia, kekeringan yang menyebabkan gagal panen; dan kebakaran hutan .
• Tahun 1990, 1995 dan 1998 merupakan tahun terpanas dalam abad 20
• Dalam 100 tahun terakhir (abad 20) suhu bumi rata-rata telah meningkat sebesar 0.7 C
• Sejak tahun 1990, suhu udara rata-rata di Indonesia meningkat sebesar 0.3 C
• Skenario kenaikan temperatur menurut jurnal Nature (2004) adalah:
o Rendah: 0.8 - 1.7 °C ® sebanyak 9-13% spesies akan punah dengan tingkat yang beragam.
o Menengah: 1.8 - 2.0 °C ® 15-20% spesies akan punah
o Tinggi: Diatas 2.0 °C ® 21-32% spesies akan punah
• Kenaikan suhu permukaan bumi sebesar 1° C akan menaikkan permukaan laut setinggi 15 cm, yang akan menenggelamkan jutaan rumah dan pesisir. Penguapan akan meningkat sehingga akan menimbulkan kekeringan. Kekeringan menimbulkan kegagalan panen yang mengakibatkan kelaparan di mana-mana. Cuaca buruk, badai topan, yang dipicu oleh fenomena iklim seperti El NiƱo, akan menjadi suatu hal rutin.
• Kenaikan suhu permukaan bumi sebesar 1° C akan mempengaruhi komposisi isi hutan. Selain itu meningkatkan resiko kebakaran hutan
o Fauna yang hidup di daerah pegunungan akan migrasi ke daerah yang lebih tinggi. Sementara spesies yang tinggal di puncak gunung terancam punah
• Naiknya suhu air laut sebesar 2-3° C akan menyebabkan matinya terumbu karang akibat pemutihan karang (coral bleaching). Hal ini telah terjadi di Australia, Thailand, Filipina, Indonesia, Jamaica, Bahama, dll pada tahun 1997/1998 akibat El Nino.
o Peristiwa El Nino tahun 1997/1998, 75 persen terumbu karang di dunia mengalami pemutihan karang dan 16 persen diantaranya mengalami kematian.
o Peningkatan suhu juga berdampak pada meningkatnya penyakit tropis seperti malaria dan demam berdarah. Pemanasan global menyebabkan semakin singkatnya pertumbuhan nyamuk dati telur hingga menjadi larva dan nyamuk dewasa, sehingga jumlah populasi cepat sekali meningkat.
o Tahun 1998 di Jawa dan Bali mengalami peningkatan penyakit malaria hampir tiga kali lipat, dari 18 kasus per 100 ribu penduduk menjadi 48 kasus per 100 ribu penduduk.
o Di luar Jawa dan Bali, terjadi peningkatan sebesar 60% kasus dari tahun 1998 ke tahun 2000. Selengkapnya...

Senin, November 03, 2008

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan sekolah penting agar supaya lingkungan menjadi bersih dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan lingkungan aman dan nyaman maka lingkungan menjadi sehat. Selengkapnya...

Pemanasan Global


Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.

Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100. Perbedaan angka perkiraan itu dikarenakan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil. Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan.

Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.

Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekwensi-konsekwensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca. Selengkapnya...

UN Tahun 2009

Ujain Nasional tahun 2009 tinggal 5 bulan lagi, ayo belajar yang giat agar mendapat nilai yang memuaskan... Selengkapnya...

Minggu, November 02, 2008

JADWAL UN TAHUN 2009


Berdasarkan kesepakatan bersama (BSNP, Depdiknas, dan Depag) diputuskan jadwal Ujian Nasional sebagai berikut :

- SMA/MA (20 — 24 April 2009)
- SMP/Mts (27 — 30 April 2009)
- SD/MI (12 — 14 Mei 2009)
- SMK/SMALB (20 — 22 April 2009)


Selengkapnya...


hello all.................
selalu menyenangkan memliki media baru untuk berekspresi, dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. silahkan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini. terima kasih Selengkapnya...

Char RF gw

Char RF gw