To year 2010

Menuju Un 2009

Senin, Februari 23, 2009

Remaja Berpotensi Kehilangan Pendengaran

Sudah bukan rahasia lagi kalau mendengarkan musik melalui mp3 player dengan volume suara yang tinggi dapat merusak pendengaran. Sayangya, banyak remaja yang tidak mengindahkan himbauan ini, sehingga tingkat rusaknya pendengaran oleh remaja makin meningkat.



remaja laki-laki lebih suka mendengarkan musik dengan suara keras, ketimbang anak perempuan. Hal ini juga yang mendasari lanjutan penelitian tentang perbedaan tersebut.sekitar 24 persen remaja mendengarkan iPod dan MP3 player dengan suara yang tinggi

Untuk itulah, para ilmuwan tersebut terus melakukan himbauan agar remaja tidak terlalu sering mendengarkan musik lewat MP3 player, lebih dari 4,6 jam perhari.

Jika tidak, banyak remaja akan kehilangan daya pendengaran di saat usia mereka masih muda.

Selengkapnya...

Wow, Ilmuwan Bakal Ciptakan Konsol Super

Tak dipungkiri era baru konsol game akan segera dimulai. Pasalnya, sebuah konsol super, tengah dikembangkan. Konsol yang sedang dikembangkan tersebut diklaim mampu 'membaca' semua format game, termasuk game-game komputer.



Saat ini, konsol super itu sedang dilakukan oleh University of Portsmouth. Untuk membuat alat yang dapat menyimpan berbagai file digital yang pernah ada, baik itu game yang paling baru sampai dengan yang sudah lawas kabarnya University of Portsmouth bekerjasama dengan ilmuwan lain dari Eropa dan Amerika Serikat.

Diharapkan konsol super tersebut mampu menyimpan 2 juta pon konten pada 2010, yang mana ini sama dengan 18 juta informasi dalam satu waktu dengah hanya cukup sekali klik saja.

Selengkapnya...

Wikipedia Indonesia Capai 100 ribu Artikel

Artikel dikutip ini dikutip dari detikinet.com baca aja selengkapnya


Situs ensiklopedia bebas Wikipedia Bahasa Indonesia, ternyata berhasil menembus 100 ribu artikel. Keberhasilan tersebut, menjadikan Wikipedia Indonesia sejajar dengan situs sejenis berbahasa lain.

Artikel terakhir pada situs wikipedia ini berjudul "Luck By Chance", judul sebuah film Bollywood, dan ditulis oleh seorang pengguna� tanpa menyebutkan nama (anonim), pada tanggal 21 Februari pukul 14:57 WIB. Jumlah artikel yang sedemikian besar dicapai oleh Wikipedia Bahasa Indonesia yang hanya memiliki sekitar 50 sukarelawan sebagai pengguna aktif.

"Dengan jumlah 100 ribu artikel, Wikipedia Bahasa Indonesia kini bersanding dengan bahasa-bahasa besar lain di dunia seperti bahasa Inggris (lebih dari dua juta artikel), Jerman, Spayol, Italia, Jepang, dan lainnya yang telah memiliki lebih dari seratus ribu artikel lebih dulu," demikian siaran pers Wikimedia Indonesia, yang dikutip okezone, Senin (23/2/2009).

Situs ini sendiri, dimulai pada bulan Mei 2003. Pada awal tahun 2004, ensikopedia digital ini berhasil menduduki peringkat ke-50 dunia ditinjau dari banyaknya artikel. Kini posisinya melesat menduduki peringkat ke-25 dari total 265 proyek ensiklopedia bebas dari berbagai bahasa yang dikelola oleh Wikimedia Foundation.

Yang mengagumkan, Wikipedia juga mempunyai bahasa selain Indonesia Indonesia yang juga memiliki, seperti Wikipedia basa Jawa dengan 16.897 artikel, dan Wikipedia basa Sunda dengan 14.354 artikel.

Dilaporkan juga, halaman yang paling banyak dilihat adalah artikel mengenai "Konflik Israel-Palestina" dengan 3.976 hit per hari, dan "Globalisasi" dengan 3.343 hit per hari. Sedangkan, artikel yang paling banyak disunting adalah artikel "Islam" dengan suntingan sebanyak 670 kali oleh 120 pengguna terdaftar yang berbeda-beda dan lebih dari 50 pengguna anonim.

"Pengguna Id Borgx tercatat sebagai pengguna teraktif, dan telah melakukan 80 ribu kali penyuntingan sejak terdaftar menjadi pengguna di tahun 2005," pungkas isi siaran pers tersebut.
Selengkapnya...

Minggu, Februari 22, 2009

Guru SMP & SMA Belajar Internet Sehat


Nih artikel gw kutip dari detikinet.com kayaknya bagus nih baca aja


Internet bagi sebagian guru mungkin masih dianggap sebagai sesuatu yang asing. Padahal jika bisa memanfaatkannya dengan baik, banyak hal yang bisa didapat dari dunia maya ini.

Pun demikian, bukan berarti semua yang tersaji di internet baik. Ada batasan-batasan yang rasanya tak perlu dimasuki di internet. Untuk itu dibutuhkan kemampuan untuk berinternet yang sehat bagi kalangan para pendidik ini.

Sebagai upaya untuk mengefektifkan fungsi dari keberadaan internet ini, Telkom Divre II bekerja sama dengan Walikota Jakarta Pusat menyelenggarakan seminar 'Internet Sehat' di Jakarta.

Seminar yang dihadiri oleh Ibu Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni ini mengundang peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan ketua komite sekolah SMP dan SMA yang berada di Jakarta. Sementara pembicara berasal dari Divisi Multi Media Telkom dan Wakil Ketua ID-SIRTII Muhammad Salahuddien.

Menurut EGM Telkom Divre II Mas'ud Khamid, Telkom tidak hanya bertanggung jawab terhadap kesiapan jaringan atau akses internet, tetapi juga konten yang diakses harus 'sehat'. "Tidak hanya network-nya yang siap, tapi informasinya juga bermanfaat untuk masyarakat," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (20/2/2009).

Ditambahkan Mas'ud, saat ini memang diperlukan pembelajaran internet yang sehat karena di masyarakat tengah booming demam internet (internet fever), yakni dengan munculnya berbagai blog dan account Facebook.

Telkom sendiri coba memfasilitasi kebutuhan masyarakat ini dengan menyediakan 3.500 titik hotspot di 2.500 lokasi yang tersebar di wilayah Jabodetabek. "Sehingga diharapkan dimanapun dan kapanpun masyarakat dapat melakukan akses internet," pungkasnya.
Selengkapnya...

Kesringan bermain game membosankan

kalo keseringan maen game jadi bosen


kalo bermain game terus-terusan lama bosan sperti main rf online lama jadi bosen kl maen trus makanya skarang dah gk maen rf lagi. contohnya kalo maen game di ps kalo dah selesai atau tamat lama kan juga bosen dan pengen mencoba maen game laenya. jadi main game jangan terlalu banyak seperti saya ^_^
Selengkapnya...

Sauna Mampu Cegah Flu

Nih artikel yang agak bermanfaat baca aja di selengkapnya


Meminum banyak air putih, memang telah lama dikenal sebagai cara ampuh untuk mencegah atau mengurangi risiko flu. Cairan selama ini memang dikenal mampu untuk membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh dan membantu tubuh tahan terhadap segala macam virus.

Berawal dari pemikiran tersebut, sejumlah peneliti Australia kemudian melakukan sebuah penelitian terhadap proses mandi uap atau sauna yang selama ini sering dilakukan banyak kalangan. Hasilnya, peneliti mampu menunjukkan jika proses sauna mampu membantu tubuh seseorang terhindar dari gejala flu.

melakukan mandi uap secara regular akan mengurangi racun-racun dari dalam tubuh. Peneliti melakukan proses penelitian selama kurang lebih enam bulan dengan cara membaginya jke dalam dua kelompok.

Hasilnya para sukarelawan yang rutin melakukan sauna memang lebih sedikit mengalami flu dibandingkan kelompok lain yang tidak atau jarang melakukan mandi uap. Sauna juga dipercaya melancarkan peredaran darah, sehingga seseorang menjadi lebih bugar.

Namun, hasil penelitian yang dipublikasikan di NCBI PubMed tersebut masih akan membuktikan lebih lanjut hubungan antara Sauna dengan gejala flu.
Selengkapnya...

Game Online Buatan Indonesia

Ternyata Indonesia juga bisa yah membuat game online. dikira cuma luar negeri doang yang biasa. game online apa sih yang buatan indonesia??? baca aja di selengkapnya


Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG) buatan Indonesia, Nusantara Online, telah mencapai versi pengembangan ke-empat.

Game yang rencananya bakal dirilis pada pertengahan 2009 ini, menampilkan era kerajaan di Indonesia. Rencananya game ini akan menghadirkan berbagai macam kerajaan, namun untuk awalnya ada tiga kerajaan yang disiapkan: Sriwijaya, Majapahit dan Padjajaran.

Sejak versi awalnya, Nusantara Online telah mengalami banyak pengembangan. Riset soal fakta-fakta sejarah yang menjadi dasar game ini pun tidak tanggung-tanggung. Pengembangnya sampai melakukan riset ke berbagai lokasi tempat bersejarah untuk melihat bentuk asli artifak-artifak Indonesia sehingga dapat direkronstuksi ulang menjadi bentuk 3 dimensi.

Alhasil model dalam Nusantara Online merupakan rekonstruksi asli dari bentuk nyata, dari mulai bangunan rumah adat, candi, pakaian dan pelengkapan tempur karakter. Bahkan sampai dengan letak dan kontur geografisnya pun dibuat sama persis dengan yang ada pada jaman itu.

Betapa terperincinya fakta sejarah dalam game itu sehingga, sebagai contoh, pakaian sarung yang dikenakan prajurit pun menggunakan motif untuk perang sesuai kerajaannya. Kemudian, musik yang muncul dalam game menggunakan suara alat yang ada pada zamannya.

Selain itu, riset pustaka dan wawancara mendalam dengan ahli sejarah Prof. Dr. Edi Sedyawati pun dilakukan. Akibatnya, selain digunakan untuk pengembangan game, hasil riset itu sampai bisa dituangkan dalam situs bernama WacanaNusantara.org.

Engine Buatan Indonesia

Tetapi hal yang paling mengesankan dalam game ini adalah engine yang digunakannya. Engine game yang dinamai ANGEL ini adalah asli buah tangan anak negeri. Walau memang masih banyak bug yang menyertainya, engine ini mencakup aspek lingkungan yang cukup luas.

ANGEL mengatur mulai dari interaksi pemain terhadap Non-Playable Character (NPC) hingga efek perubahan perubahan waktu dari siang ke malam hari. Gerak bayangan karakter dan benda dalam game akan sesuai dengan jam pada hari (dalam game), artinya di pagi hari bayangan akan condong ke barat dan bergerak perlahan hingga condong ke timur di sore hari.

Jika menengok ke langit di dalam game, akan tampak bintang-bintang. Nah, bintang-bintang itu bukan hanya hiasan titik-titik putih melainkan peta bintang aktual yang bahkan bisa digunakan untuk menentukan arah mata angin (di dalam game).

Efek suarapun tidak ketinggalan, dengan engine yang digunakan suara-suara dalam game akan berubah mengikuti lingkungan sekitar. Misalnya, ketika pemain sedang berada di lingkungan candi, alunan musik gamelan terdengar. Selanjutnya, jika pemain mendekati hutan, suara tersebut akan berangsur-angsur menghilang menjadi suara kicauan burung atau binatang hutan lainnya.

Masih Butuh Pengembangan

Dengan misi menguak sejarah ke dalam game interaktif, tampaknya Nusantara Online masih membutuhkan kerja keras dari team pengembangannya. Apalagi mengingat banyak sekali kerajaan, sejarah dan mitos di Indonesia.

Hingga saat didemonstrasikan di detikINET, Nusantara Online baru memiliki bangsa Majapahit saja. Sedangkan Padjajaran dan Sriwijaya diharapkan bisa menyusul pada pertengahan 2009.

Managing Director Nusantara-Online, Heru Nugroho, bahkan berkelakar game ini baru akan selesai dalam waktu 10 tahun. Maksudnya, waktu selama itu dibutuhkan untuk mencapai lengkap seluruh 30 kerajaan yang ada di Indonesia.

Sedangkan versi awalnya diharapkan Heru bisa mulai dimainkan publik pada pertengahan 2009. Namun, lanjut Heru, ada kemungkinan versi awal game ini baru akan diluncurkan untuk pemain dari Bandung.
Selengkapnya...

Google Earth Temukan Kota Atlantis?

Kabar terbaru neh yang w baca dari detikinet baca aja kalo mau tau


emakai internet sempat heboh ketika sebuah gambar di Google Earth tampak seperti sebuah bukti peninggalan kota legendaris Atlantis.

gambar itu menampakkan jejak yang mirip bangunan jalan di dasar laut sehingga dikatakan sebagai salah satu tanda keberadaan Atlantis. Jejak tersebut ada di sekitar wilayah laut di benua Afrika.

Media Inggris seperti The Sun dan Daily Telegraph mengungkap temuan tersebut dan membuat para pemburu artefak Atlantis bergairah. Menurut seorang pakar Atlantis yang dikutip Daily Telegraph, lokasi jejak itu ada di wilayah yang kemungkinan memang pernah jadi wilayah Atlantis dahulu kala.

Meski demikian, Google sendiri langsung membantah adanya temuan jejak kota Atlantis yang menghebohkan ini. Google menjelaskan bahwa gambar tersebut muncul sebagai akibat proses pengumpulan data di Google Earth.

"Memang benar banyak hal menakjubkan ditemukan di Google Earth. Namun dalam kasus ini, apa yang dilihat oleh user hanyalah sebuah proses pengumpulan data. Garis-garis yang ada merefleksikan garis edar kapal ketika sedang mengumpulkan data dengan sonar," kata Google.

Para pakar sejarah banyak yang meragukan apakah Atlantis memang benar-benar pernah ada. Namun hal itu tidak menghentikan usaha para pemburu jejak Atlantis sampai kini. wew
Selengkapnya...

Google Earth Kini Dapat Mengukur Polusi

Sekelompok peneliti yang dipimpin Purdue University mulai menggunakan Google Earth untuk mengetahui kadar emisi polusi yang terjadi di Amerika Serikat. baca aja selengkapnya kalo mw tau.


Peta digital dengan kapasitas gambar high-resolution dapat dilihat di purdue.edu/eas/carbon/vulcan/GEarth. Di sini, peta dapat menunjukkan emisi karbon dioksida dalam metrik ton di kawasan perumahan dan komersial AS. Demikian seperti dikutip Reuters, Minggu (22/2/2009).

Ini tentu menjadi hal yang menggemberikan bagi para ilmuwan, untuk mengetahui dari sektor mana emisi karbon banyak dikeluarkan, termasuk di sektor pesawat terbang, komersial, produksi listrik, industri, perumahan, dan transportasi.

Ini akan membawa informasi emisi dapat diketahui oleh orang banyak. Sebab, dapat diakses secara online

Dengan inovasi seperti ini, kami berharap, dapat menyadarkan orang untuk mengetahui arti penting dari polusi yang mereka buat sendiri
Selengkapnya...

Charles Darwin Penderita Autis?

Ilmuwan berpengaruh dunia, Charles Darwin dinilai oleh kalangan psikiater sebagai orang yang menderita autisme. Para ahli ilmu kejiwaan itu mengungkapkan, daya kreativitas Darwin yang tinggi merupakan salah satu faktor yang mengindikasikan gejala autisme. masak sih???


"Darwin memiliki perhatian yang sangat luar biasa pada hal-hal yang detil tapi ia memiliki� kesulitan dalam interaksi sosial," ujar Prof Michael Fitzgerald dari Dublin Trinty College, seperti dilansir Indiatimes, Rabu (18/2/2009). Penulis The Origin of Species itu diduga mengalami kelainan dalam tingkah lakunya.

Menurut Fitzgerald, Darwin menderita Asperger Sindrom, suatu gejala autisme di mana para penderitanya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, sehingga kurang begitu diterima.

Sindrom ini ditemukan oleh Hans Asperger pada tahun 1944. Sindrom Asperger dibedakan dengan gejala autisme lainnya dilihat dari kemampuan linguistik dan kognitif para penderitanya yang relatif tidak mengalami penurunan, bahkan dengan IQ yang relatif tinggi atau rata-rata, ini berarti sebagian besar penderita sindrom Asperger bisa hidup secara mandiri, tidak seperti autisme lainnya). Sindrom Asperger juga bukanlah sebuah penyakit mental.

Setiap penderita sindrom Asperger terlihat seperti halnya bukan seorang autis, tetapi ketika diteliti, otak mereka bekerja secara berbeda dari orang lain.

"Sindrom Asperger ini berhubungan dengan kreativitas yang sangat luar biasa, Darwin memiliki kemampuan analisa yang tajam dan pola pikir yang sangat sistematis," ujar Fitzgerald.
Selengkapnya...

Rabu, Februari 18, 2009

E-Mail Pintar Bisa Pilih Penerima Pesan

Ilmuwan Stanford University, AS, berhasil mengembangkan sistem e-mail yang bisa memilih dan menentukan siapa saja yang berhak menerima pesan kendati pengirim tidak mengetahui alamat e-mail orang yang dituju.


Sistem email pintar ini dibangun berbasis teknologi semantik (makna). Dengan teknologi semantik sistem e-mail tersebut mampu memahami frase dan hubungan di antara kata-kata yang diketik pembuat pesan.

Selanjutnya, sistem e-mail melakukan sinkronisasi dengan database alamat e-mail pengguna untuk menentukan kepada siapa saja pesan itu dapat dikirimkan. Profesor Ilmu Komputer Stanford University Michael Genesereth telah menguji sistem e-mail ini sejak beberapa tahun silam bersama rekan-rekan sesama ilmuwan dari AS, Irlandia, dan Austria.

Genesereth berencana memperluas pengujian dengan melibatkan 6.000 mahasiswa dari lingkungan Jurusan Ilmu Komputer Stanford University pada tahun ini. Jika pengujian ini berhasil, maka sistem e-mail pintar tersebut akan digunakan di seluruh lingkungan Stanford University. Sejumlah korporasi raksasa juga sudah menyatakan minat untuk menguji sistem e-mail pintar temuan Genesereth.

"Tujuannya adalah mengubah cara manusia dalam mengirim e-mail. Dengan cara ini, manusia dikenali dengan karakternya, bukan dengan teks. Ini juga memudahkan orang berkirim e-mail karena mereka tidak lagi harus repot memilih alamat dalam address book," sebut Genesereth. Genesereth menambahkan, sistem e-mail ini tidak akan sulit diimplementasikan karena database tentang profesi manusia dan organisasi serta semantik sudah banyak tersedia.

Yang perlu dilakukan adalah mengintegrasikan seluruh database itu dan meningkatkan akurasi analisis sistem e-mail pintar ini. Sistem e-mail berteknologi semantik ini bahkan akan dikembangkan agar mampu menyaring spam (e-mailsampah) berdasarkan isi pesan dan siapa pengirimnya. Karena itu kelak pengguna e-mail diharapkan hanya menerima pesanpesan yang relevan saja.
Selengkapnya...

Satelit AS dan Rusia Bertabrakan di Angkasa

Satelit AS dan rusi Bertabrakan di Angkasa kok bisa yah baca aja nih...


Dua satelit bertabrakan di angkasa, beratus-ratus kilometer di atas Bumi, dan menghancurkan satelit komersial milik Iridium.

Berdasarkan laporan Space News, Badan Antariksa Amerika Serikat NASA mengumumkan pada Selasa lalu bahwa satelit Cosmos 2251 milik Rusia yang berbobot 900 kilogram menabrak satelit Iridium seberat 560 kilogram pada 16.55 GMT, 790 kilometer di atas Siberia. Dilaporkan NASA melihat dua awan serpihan berukuran besar.

NASA melaporkan adanya ratusan partikel yang merupakan puing-puing serpihan dari insiden yang pertama kali terjadi dalam sejarah ini. Butuh waktu berminggu-minggu untuk menentukan besarnya dampak kecelakaan.

Sementara risiko kecelakaan terhadap stasiun luar angkasa ISS dan tiga astronotnya sangat rendah. Sebab, ISS mengorbit 270 mil lebih rendah dari titik tabrakan. Insiden ini juga tidak membahayakan peluncuran pesawat angkasa yang akan membawa tujuh astronot pada 22 Februari mendatang. Namun begitu, evaluasi awal masih akan dilakukan.
Selengkapnya...

Arianespace Siap Luncurkan 5 Satelit Baru

Ariane 5 akan kembali meluncur dengan membawa 5 satelit baru. Peluncuran ini akan dilangsungkan pada akhir 2010 di Perancis.


Keterangan resmi Arianespace, Sabtu (14/2/2009), menyatakan kelima satelit tersebut adalah Hispasat 1E yang akan digunakan oleh operator Spanyol Hispasat, Arabsat 5C dan 6B untuk operator Saudi Ariabia Arabsat, dan Yamal 401 dan 402 untuk operator Rusia Gazprom.

Hispasat 1E akan diluncurkan menggunakan roket Ariane 5 pada akhir 2010 dari Guina Space Center di Kourou, Perancis Guiana. Satelit ini akan dirancang dengan Space Systems atau Loral menggunakan platform LS 1300. Dengan bobot sekitar 5.270 kg pada saat peluncuran, satelit ini akan dilengkapi dengan transponders 53 Ku-band. Satelit besar ini akan memberikan Hispasat kapasitas tambahan, yang memungkinkan untuk meluaskan jaringan video dan jasa data transimisi yang meliputi Eropa dan pan-America. Diposisikan pada orbit 30 derajat bujur barat, Hispasat 1E dirancang untuk mencapai umur 15 tahun.

Hispasat 1E kan menjadi satelit Spanyol ke-6 yang diluncurkan oleh Arianespace. Peluncur Eropa telah mengorbitkan Hispasat 1A dan 1B pada tahun 1992 dan 1993. Lalu, di tahun 2005 dan 2006, grup Hispasat meminta Arianespace untuk meluncurkan satelit XTAR-Eur dan Spainsat dari HISDESAT. Tahun ini Arianespace akan meluncurkan kembali salah satu satelit perusahaannya, Amazonas-2.

Arabsat 5C dijadwalkan akan meluncur dalam orbit transfer geostationary (GTO) pada kwartal ketiga tahun 2011. Akan diluncurkan menggunakan roket Ariane 5 ECA Guina Space Center di Kourou, Perancis Guiana. Peluncuran Arabsat 6B ini dijadwalkan pada semester kedua 2012. Dua kontrak ini merupakan yang ke-14 dan yang ke-15 dari kontrak Service and Solutions yang ditanda tangani oleh Arianespace di Timur Tengah.

Satelit Arabsat 5C dan 6B akan diproduksi oleh EADS Astrium dan Thales Alenia Space, yang merupakan bagian dari kontrak turnkey dengan satelit komunikasi milik Arabsat operator, yang berbasis di Riyadh, Saudi Arabia. Astrium akan menyediakan platform Eurostar E3000 dan menangani satelit integrasi, sementara itu Tahles Alenia Space akan menyediakan payloads.

Dengan desain yang akan mencapai hingga 15 tahun, dua satelit komunikasi akan menyediakan jasa telekomunikasi dan tayangan televisi di Timur Tengah dan Afrika. Arabsat 5C akan dilengkapi dengan transponder aktif 26 C band dan 12 Ka-band dan akan diposisikan pada 20 derajat bujur timur. Arabsat 6B akan dilengkapi dengan transonder aktif 36 aktif Ku-band dan akan diposisikan pada 26 derajat timur. Kedua satelit ini berbobot mencapai 5 ton.

Arianespace juga telah dipilih untuk meluncurkan dua satelit komunikasi, Yamal-401 dan Yamal-402 yang merupakan kontrak antara Thales Alenia Space dan Russian Operator Gazprom.

Thales Alenia Space akan memproduksi dua satelit dengan menggunakan platform Spacebus 4000C3.
Keduanya akan diorbitkan menggunakan roket Ariane 5 ECA pada semester kedua tahun 2011.

Keduanya didesain untuk mencapai hingga 15 tahun, kedua satelit ini akan menyediakan jasa komunikasi dan transmisi televisi. Yamal-401 berbobot 4.900 kg pada saat meluncur dan dilengkapi degan transponder 36 Ku-band dan 17 C-band dan akan diposisikan pada 90 derajat bujur timur. Yamal-402, berbobot 4.800 kg pada saat peluncuran, dilengkapi dengan transponder 46 Ku-band dan diposisikan pada 55 derajat bujur timur.
Selengkapnya...

Lanjutan Rangkuman Bab 5

nih lanjutanya yang kemaren yang kmren lom selese


#mengatur susunan objek
dengan cara:
1.pilih objek yang akan digunakan
2.klik arrange - order
3.pilih satu:
to front, to back, forward one,
back one, in front of, behind,
reverse order.
4.oke

#mengatur skala dan ukuran objek
caranya:
1.klik pick tool
2.pilih objek, lalu klik untuk
mengaktifkan stretch/scale
3.tempatkan kursor mouse di
titik kontrol, lalu klk dan drag
secara diagonal sehingga membentuk
ukuran yang diinginkan

#meng-group objek
dengan cara:
1. pilih objek yang akan digroup,
klik arrange - group; atau ctrl+G.
lalu ok

#meng-ungroup objek
dengan cara:
1. pilih objek yang telah digroup
2. klik arrange - ungroup; atau ctrl+U.
lalu oke

#meng-combine
dengan cara:
1.pilih objek yang akan digabung
2.arrange - combine
Selengkapnya...

Kamis, Februari 12, 2009

Membuat Butiran Air

Materi Tambahan corel draw 12 nihhh..


Pada awalnya kita membutuhkan sebuah rectangle yang nantinya digunakan sebagai alas.
Tekan F6 di keyboard untuk langsung membuatnya. Di sini membuatnya dengan ukuran 368 x 234 pixel

Kemudian gunakanlah elispe tool dengan menekan F7 di keyboard untuk membuat
sebuah elips dengan ukuran 43 x 51 px.

1. Melakukan duplikasi elips tersebut dengan mengopynya ctrl+c lalu mem-pastenya ctrl+v di tempat yang sama.
2. Setelah itu, di luar persegi, buatlah sebuah rectangle ( ukuran bebas ). Kemudian, rectangle yang telah dibuat tadi di taruh di atas elips hasil kopian yang tadi.
3. Dalam keadaan keduanya terpilih. Lakukan trim ( back minus front ).fillnya di beri warna putih.
4. Dengan transparency tool, lakukan transparasi gradien, menjadi seperti ini. kemudian lakukan langkah no 1 sebanyak 2 kali. hal ini di gunakan untuk memberi sisi gelap dari butiran air.
5. Perbesarlah salah satu elips yang tadi ... kemudian lakukan trim, seperti di langkah ke 3.
6. Kemudian dengan transparency tool, lakukan transparansi gradien.
7. Setelah itu, hilangkan outline-nya dengan memilih objek yang akan dihilangkan outline, kemudian klik ikon "none"

8. Kemudian, buatlah elipse dengan ukuran 6 x 6 pixel. Beri fill colornya warna putih. Setelah itu berilah shadow effect, dengan memilih interactive drop shadow tool, shadow ini akan di gunakan sebagai pantulan cahaya putih nantinya.
9. Beri drop shadow colornya berwarna putih, kemudian drop shadow opacitynya 86 persen.
10. Kemudian buatlah kembali elips dengan ukuran 43 x 51 pixel. Beri fillcolornya berwarna putih.
11. Setelah itu, buat kembali elips dengan ukuran 50 x 51 pixel. Elips ke dua ini di taruh di bawah elips sebelumnya.
12. Lakukan trim ( back minus front ) pada kedua elips tersebut sehingga menjadi seperti ini. Kemudian berilah transparasi sebesar 68 persen..
Selengkapnya...

Rangkuman Corel Draw Bab 5

Lagi2 disuruh ngerangkum nih dia rangkuman bab 5 nyaaa Tentang memilih Objek


# memilih objek
adalah trik yang paling mendasar dalam corel draw 12,
dan juga yang paling mudah. cukup dengan pick tool,
lalu klik pada objek. untuk memilih objek berikutnya,
tahan shift lalu klik objek berikutnya. untuk memilih
banyak objek sekaligus, buatlah seleksi di sekitar
objek yang ingin dipilih dengan mendrag pointer.
untuk memilih objek menurut jenisnya, klik
edit - select all. pilih : objek, teks, nodes,
dan guidelines. bisa juga untuk memilih semua objek
yang ada di drawing window, kecuali objek yang terkunci
(telah di lock). jika ada banyak objek yang tumpang
tindih, bisa dipilih satu persatu menggunakan tombol tab.

# menggunakan perintah dasar
1)copy. dengan cara pilih objek yang akan disalin,
klik menu edit - copy; atau dengan ctrl+c; atau
klik kanan + copy
2)cut. dengan cara pilih objek, klik menu edit -
cut; atau dengan ctrl+x; atau dengan klik kanan + cut
3)paste. dilakukan setelah mengkopi/cut. dengan edit -
paste; atau ctrl+v; atau klik kanan + paste
4)duplicate. dengan cara pilih objek, edit - duplicate;
atau dengan ctrl+d. pengaturan mengenai duplicate tertera
di property bar, tinggak diutak-atik saja.
5)delete. dengan cara pilih objek yang akan dihapus,
klik edit - delete; atau klik kanan+delete; atau menggunakan
tombol del di keyboard

#transformasi
jenis transformasi yang dapat dilakukan:
1.mengubah letak objek (position)
2.mengubah ukuran objek (size)
3.mengubah bentuk objek (stretch)
4.mengubah panjang dan lebar objek
dalam sekali perintah (scale)
5.memutar objek (rotate)
6.memiringkan objek (skew)lima jeni
7.membalik objek (mirror)

#mengatur tata letak objek
langkah-langkahnya:
1.pilih objek yang ingin digunakan
(minimal 2 objek)
2.klik menu arrange - aling and distribute
3.pada kotak align and distribute,
pilih tab align dan pilih jenis alignment
yang diinginkan. ada lima jenis:
horizontal alignment, vertical alignment,
edge of page alignment, center of
page alignment, dan align to grid.
tiap pilihan itu memiliki pilihan distribution,
seperti top, left, right, center, spacing, bottom, dst
Selengkapnya...

Rabu, Februari 11, 2009

Rencana Bir Menjadi Alternatif Bahan Bakar

Di tengah ketakutan terhadap kelangkaan bahan bakar minyak di masa mendatang, beberapa negara berusaha mengembangkan bahan bakar alternatif . Sebuah perusahaan bir asal Amerika Serikat dikabarkan sedang mengembangkan sebuah sistem untuk membuat bahan bakar ethanol dari sisa proses peragian bir.


Sierra Nevada Brewing Co, di Chico California, sedang bekerja sama dengan E-Fuel Corporation untuk mengembangkan sistem pembuatan biofuel, yang dinamakan MicroFueler.

Sierra Nevada akan memulai pengembangan sistem itu pada kuartal kedua 2009, dan diperkirakan di akhir kuartal ketiga sudah dapat memproduksi bahan bakar tersebut secara masal.

"Pengembangan bahan bakar itu akan berpotensi menjadi suatu yang sangat besar bagi lingkungan," kata pendiri sekaligus Presiden Sierra Nevada Brewing Co., Ken Grossman.

Selama ini, sisa pemrosesan bir mengandung sekira 5-8 persen alkohol. Dengan sistem tersebut, level kandungan alkohol akan ditingkatkan menjadi alkohol 15 persen untuk menjadi bahan bakar.

Penggunaan bahan bakar dari sisa-sisa produksi bir akan membuat mobil Anda lebih ramah lingkungan dan dapat menghemat uang di dompet

Selengkapnya...

NASA Tunda Peluncuran Discovery

Badan penerbangan dan antariksa Amerika (NASA) kembali menunda peluncuran pesawat luar angkasa untuk yang kedua kalinya.


Pesawat luar angkasa milik Amerika, Discovery, dikabarkan tidak belum akan diterbangkan sebelum tanggal 22 Februari. Ini merupakan kali kedua peluncuran ini ditunda, setelah sebelumnya NASA menyatakan baru akan meluncurkan Discovery pada tanggal 19 Februari, meleset enam hari dari jadwal yang diharuskan, 12 Februari.

Dilansir melalui Associated Press, Senin (9/2/2009), NASA beralasan, mereka membutuhkan banyak waktu tambahan untuk mengadakan uji coba seluruh katup energi gas hidrogen yang ada dalam tubuh discovery. Katup ini merupakan bagian kecil dari katup-katup yang rusak, yang mengakibatkan gagalnya peluncuran pesawat ini pada November lalu.

Menurut teknisi Discovery Kyle Herring, ujicoba tersebut ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya, NASA khawatir katup yang dimaksud akan terlepas dan akan merusak sebagian bodi pesawat.

Ini merupakan penerbangan discovery terakhir yang akan diluncurkan NASA.
Selengkapnya...

Selasa, Februari 10, 2009

Ternyata Kaya atau Miskin Bisa Dilihat dari Bahasa Tubuh

Penampilan seseorang seringkali menipu. Di sinetron-sinetron cengeng Indonesia atau dalam kehidupan nyata, seringkali ada kisah orang kaya yang berpura-pura menjadi miskin atau sebaliknya.

Tapi sekarang, para penipu yang berpura-pura miskin atau kaya itu tak gampang mengecoh� lagi. Pasalnya para psikolog University of California, Berkeley, seperti Michael W Kraus and Dacher Keltner menemukan cara baru menentukan status sosial seseorang dengan hanya melihat bahasa tubuh.

Seperti dilansir Indiatimes, Jumat (6/2/2009), untuk menentukan status sosial-ekonomi seseorang kini tak hanya baju dan mobil saja yang menjadi tolak ukur.

Para psikolog itu meneliti dengan merekam gerakan tubuh antara orang yang berasal dari kalangan atas dan orang yang berstatus sosial-ekonomi rendah saat wawancara satu lawan satu. Pada penelitian itu, psikolog melihat beberapa gerakan seperti anggukan kepala, cara tertawa, dan kontak mata.

Hasilnya, psikolog mampu menunjukkan perbedaan bahasa tubuh antara si kaya dan si miskin. Orang yang sejahtera terlihat lebih tenang dan sedikit mengeluarkan bahasa tubuh dibandingkan dengan orang dari kalangan berasal dari kalangan sosial-ekonomi rendah.

"Orang yang berasal dari kalangan atas lebih sedikit mengeluarkan bahasa tubuh selama berinteraksi dengan orang lain," tulis kedua psikolog tersebut. Selengkapnya...

Taksi Elektrik Tanpa Sopir Bakal Penuhi Kota di UAE

Apa jadinya jika kita berpergian menggunakan taksi tapi tanpa seorang sopir? Pasti mustahil. Namun tidak mustahil bagi Uni Emirat Arab. Negara tersebut tengah mengembangkan taksi elektrik yang dapat beroperasi tanpa bantuan manusia.

Kota metropolitan yang terletak di Masdar City, oleh pemerintah UAE dicanangkan sebagai kota bebas bensin. Dengan menjadikannya sebagai kota futuristik yang ramah lingkungan, taksi elektrik tanpa sopir akan segera berseliweran dan memenuhi setiap sudut kota tersebut.

Nantinya, taksi sejenis podcars ini akan menjadi satu-satunya alat transportasi untuk berkeliling kota. Taksi ini hanya akan berjalan di atas sebuah jalur dan berhenti pada tempat-tempat tertentu. Demikian yang dikutip Japan Today, Senin (9/2/2009).

Cara penggunannya hanya perlu menggesekkan kartu identitas serta menyebutkan nama dan tujuan. Lalu taksi ini akan otomatis membawa Anda ke tujuan tersebut, atau setidaknya ke tempat pemberhentian yang paling dekat dengan tujuan yang dimaksud.

Kendaraan ramah lingkungan ini akan diluncurkan paling lambat akhir tahun ini. Jika sukses, kota-kota metropolitan di dunia diharapkan dapat mengikuti jejak negara yang terkenal dengan sumber minyak yang amat berlimpah tersebut. Selengkapnya...

Mengenal Blog Client: Blogging Jadi Lebih Mudah

Menulis blog atau blogging telah menjadi kebutuhan sehari-hari banyak orang. Ada beberapa aplikasi yang dapat memudahkan pengguna dalam menulis blog, salah satunya adalah Blog Client.

Blog Client merupakan aplikasi blogging yang dapat jalankan melalui desktop. Seperti masuk ke dalam halaman admin dari sebuah situs layanan blog, kita dapat mengedit sebuah postingan, mempublikasikan, atau menyimpannya ke dalam draft terlebih dahulu. Bahkan kita dapat mengelola, mengatur katergori, menghapus, mengedit ulang semua postingan, sampai mengungah foto yang ada di dalam blog tersebut.

Yang makin menarik, Blog Client memiliki interface yang mirip dengan program pengolahan kata seperti MS Word di Windows, yang tentunya memudahkan Anda untuk menulis sebuah postingan.

Cara penggunaan

Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menentukan setting dari tiap blog yang akan dikelola. Anda cukup mengisi username, password, URL blog dan menentukan type engine dari blog. Sisanya, Blog Client akan men-sinkronisasi postingan dan kategori secara otomatis.

Keunggulan menggunakan Blog Client:

1. Dapat menulis postingan tanpa harus online
2. Postingan dalam disimpan dalam bentuk draft
3. Memiliki tampilan yang lebih menarik dan familiar
4. Dapat digunakan untuk mengelola lebih dari satu blog dengan blog engine yang berbeda (Wordpress, Blogger, Drupal, Textpattern, Movable Type)
5. Unggah file (media: video, audio, image) yang lebih cepat dibandingkan melalui web
6. Dapat mem-backup semua postingan ke dalam komputer lokal

Kekurangan menggunakan Blog Client:

1. Publish Post Only, yaitu hanya dapat digunakan untuk mempublikasikan postingan, tidak dapat untuk mem-publish halaman.
2. Hanya dapat menjangkau fungsi admin dari blog yang terkait dengan posting, karena di sini tidak dapat mengelola plugin, tema, skin, atau blog setting.

Aplikasi yang tersedia

Setiap aplikasi Blog Client memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan yang lain. Sebagai pertimbangan untuk memilih mana yang tepat untuk blog Anda, berikut ini adalah beberapa Blog Client gratis yang populer:

W.Bloggar (Tersedia juga versi portable). Platform: Windows Blog Engine: Wordpress, MovableType, TypePad, Drupal, b2evolution, Nucleus CMS, Squarespace, Community Server, BlogEngine.NET.

BlogDesk. Platform : Windows. Blog Engine: WordPress, MovableType, Drupal, Serendipity and ExpressionEngine.

Post2Blog. Platform: Windows. Blog Engine: WordPress, MovableType, Blogger, Tyepad.

Deepest Sender. Platform: Firefox, SeaMoney, XULRunner. Blog Engine: LiveJournal, Blogger, Wordpress, MSN Live Spaces, meta Weblog.

Flock Browser. Platform: Windows, Mac, Linux. Blog Engine: Blogger, Blogsome, LiveJournal, Wordpress, Xanga, Moveable Type.

Windows Live Writer. Platform: Windows (XP or Vista). Blog Engine: Windows Live Spaces, Blogger, LiveJournal, TypePad, WordPress Type.

Bleezer. Platform: Windows, Mac, Linux. Blog Engine: Blogger, Blojsom, Drupal, MovableType, Nucleus, SquareSpace, TypePad, WordPress.

Drivel Journal Editor. Platform: Linux. Blog Engine: LiveJournal, Blogger, MovableType, Advogato, Wordpress, Drupal.

ThingamaBlog. Platform: Windows, Mac, Linux. Blog Engine: LiveJournal, Blogger, MovableType, Advogato, Wordpress, Drupal. Selengkapnya...

Ini Dia 20 Program Jahat Paling Ngetop

aspersky Security Network (KSN) membeberkan dua daftar top 20 program jahat untuk periode Januari 2009. Daftar pertama berisi detail dari program jahat, iklan dan program "pengganggu" lainnya yang terdeteksi pada komputer. Sedangkan daftar yang kedua menampilkan data program-program jahat yang biasa menyerang obyek di komputer pengguna.

Tidak ada perubahan berarti dalam komposisi daftar top 20 yang pertama ini selama bulan pertama tahun 2009. Sedikit perubahan yang terjadi adalah Exploit.JS.Agent.aak mengambil tempat Trojan.HTML.Agent.ai dan Trojan-Downloader.JS.Agent.czm yang masuk pada peringkat bulan Desember.Sementara itu, Worm.Win32.AutoRun.vnq mengambil alih posisi Worm AutoRun.eee.

Secara total, terdapat 46.014 program-program jahat, iklan dan program potensial yang tidak diinginkan yang terdeteksi pada komputer pengguna pada bulan Januari.

Berikut daftar lengkap program-program jahat tersebut:

* Virus.Win32.Sality.aa'
* Packed.Win32.Krap.b
* Worm.Win32.AutoRun.dui
* Trojan-Downloader.Win32.VB.eql
* Trojan.Win32.Autoit.ci
* Trojan-Downloader.WMA.GetCodec.c
* Packed.Win32.Black.a
* Virus.Win32.Alman.b
* Trojan.Win32.Obfuscated.gen
* Trojan-Downloader.WMA.GetCodec.r
* Exploit.JS.Agent.aak
* Worm.Win32.Mabezat.b
* Worm.Win32.AutoIt.ar
* Email-Worm.Win32.Brontok.q
* Virus.Win32.Sality.z
* Net-Worm.Win32.Kido.ih
* Trojan-Downloader.WMA.Wimad.n
* Virus.Win32.VB.bu
* Trojan.Win32.Agent.abt
* Worm.Win32.AutoRun.vnq

Daftar Top 20 Kedua

Dalam daftar ini ditampilkan data-data program-program jahat yang kebanyakan menginfeksi objek yang terdeteksi pada komputer pengguna.

Berikut daftar top 20 program jahat yang menginfeksi obyek di komputer pengguna:

* Virus.Win32.Sality.aa
* Worm.Win32.Mabezat.b
* Net-Worm.Win32.Nimda
* Virus.Win32.Xorer.du
* Virus.Win32.Alman.b
* Virus.Win32.Sality.z
* Virus.Win32.Parite.b
* Trojan-Downloader.HTML.Agent.ml
* Virus.Win32.Virut.n
* Email-Worm.Win32.Runouce.b
* Worm.Win32.Otwycal.g
* P2P-Worm.Win32.Bacteraloh.h
* Virus.Win32.Hidrag.a
* Virus.Win32.Small.l
* Virus.Win32.Parite.a
* Worm.Win32.Fujack.bd
* P2P-Worm.Win32.Deecee.a
* Trojan.Win32.Obfuscated.gen
* Virus.Win32.Sality.y Selengkapnya...

Remaja Pecahkan Rekor Dunia Guitar Hero

Kegilaan main Guitar Hero akhirnya membuahkan hasil manis bagi Danny Johnson. Remaja asal Texas, Amerika Serikat ini sukses mencatat rekor dan dinobatkan sebagai juara dunia Guitar Hero.

Remaja usia 14 tahun tersebut mengumpulkan 973.954 poin sehingga berhasil memecahkan rekor Guinness World Record. Angka tersebut 75.000 poin lebih tinggi ketimbang rekor sebelumnya.

"Yang bisa kukatakan adalah rekor telah tepecahkan," cetusnya dengan gembira di New York setelah menyelesaikan lagu tersulit di Guitar Hero III, 'Through the Fire and Flames' dengan akurasi 99 persen.

nama Danny pun akan segera terpampang di Guinness World Records 2010 Gamer's Edition.

Tak heran jika Danny bisa membukukan rekor tersebut. Sebab tiap harinya, Danny rutin bermain Guitar Hero selama 1 sampai 3 jam, namun hanya jika tugas sekolahnya sudah rampung.

Danny pun memberi nasehat bagi para penggemar Guitar Hero. Sederhana saja, mereka harus terus latihan agar permainannya terus bertambah baik. Selengkapnya...

Rekor Ngegame Terlama Pecah di Bandung

Rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk kompetisi game terlama pecah di Bandung. Pemecahan dilakukan oleh gamer yang berkompetisi DotA Allstar.

Tepatnya, rekor 125 jam ngegame oleh kompetisi games DotA Allstar dalam acara Evex 2009 IT, Gaming & Computer Expo yang digelar di Be Mall, Jalan Naripan, Bandung dicatat dalam Musium Rekor Indonesia (MURI). Ini memecahkan rekor sebelumnya yaitu 122 jam.


Rekor kompetisi games e-sport terlama 125 jam nonstop ini memecahkan rekor sebelumnya yang dicacat di Medan pada bulan Mei 2008. "Bandung memecahkan rekor sebelumnya kompetisi games terlama 122 jam di Medan," kata perwakilan MURI J Ngadri yang mewakili Jaya Suprana yang batal hadir karena sakit.

Rekor tersebut merupakan rekor ke empat yang dicatat oleh MURI dalam kategori kompetisi games. Pertama rekor dibukukan lomba game tanpa kabel yang pertama digelar di Bandung Trade Center dengan waktu 100 jam di awal tahun 2007.

Kemudian di bulan November 2007, rekor tersebut pecah setelah APKOMINDO DPD DIY menggelar kompetisi games 111 jam. Setelah itu Telkom Divre I Sumatera dan DotA Medan (komunitas gamers Medan - red) menumbangkan rekor DIY dengan menggelar kompetisi games selama 122 jam.

"Kami akan terus mencatat prestasi yang dilakukan oleh bangsa ini untuk memotivasi yang lainnya," pungkas Ngadri. Kompetisi game DotA Allstar menjadi bagian dari acara Evex 2009 IT, Gaming & Computer Expo, yang digelar dari tanggal 3-8 Februari 2009. Selengkapnya...

Rangkuman Corel Draw Bab 4

cara membuat garis lurus:
a) dengan freehand tool, klik tempat awal dan akhir garis
b) dengan polyline tool, klik tempat awal dan akhir garis
c) dengan bezier tool, klik tempat awal dan akhir garis
d) dengan pen tool, klik tempat awal dan akhir garis. doubleclick utk mengakhiri
e) menambah segmen garis pada garis yang sudah ada memakai freehand tool
f) membuat objek tertutup dai garis multi segment memakai freehand tool

membuat kurva. dengan:
1. freehand tool. klik&drag pd drawing page hingga membentuk kurva
2. bezier tool. klik&tahan&drag pointer sampai garis membentuk kurva
3. polyline tool. klik titik awal kurva, lalu drag ctrl point untuk membengkokkan garis sesuai keinginan. klik titik lain pada garis untuk dibengkokkan lagi. dan seterusnya
4. pen tool. klik titik awal kurva, drag control point utk membelokkan kurva. klik titik node yang lain untuk membuat kurva lainnya. dan seterusnya

membuat kurva dengan titik lengkung tertentu dengan 3 point curve tool:
1.klik titik awal kurva, drag ke arah titik akhir
2. klik titik tengah lengkungan sesuai keinginan kita

membuat garis kaligrafi:
1. klik artistic media tool
2. klik calligraphic, atur kemiringan sudut kaligrafik. untuk settingan lain, pilih file - artistic media

membuat pressure sensitive linedengan artistic media tool:
1. klik pressure pada property bar
2. drag mouse untuk membentuk garis bebas. lebar garis dapat diubah melalui artistic media tool width. fasilitas ini juga bisa diakses melalui effects artistic media

membuat preset linedengan artistic media tool juga:
1. klik preset pada property bar
2. pilih bentuk garis preset
3. drag pointer pada area kerja sehingga membentuk garis yang diinginkan




mengatur setting garis dan outline. dengan cara:
1. pilih objek yang mempunyai outline maupun garis yang akan diatur
2. pilih outline pen
3. atur setting

mengambil warna dari objek sumber dan menaruh ke objek lain:
1. buka eyedropper tool
2. klik eyedropper fill/outline
3. klik warna yang akan diambil
4. klik objek sasaran yang akan diberi warna tadi

mengubah outline menjadi
a) objek, dengan cara:
1. klik objek
2. pilih menu arrange - convert outline to object
b) kaligrafi, dengan cara:
1. pilih objek
2. klik outline pen
3. atur ketebalan, kelenturan, dan kemiringan pena

menambah arrowhead pada garis, dengan:
1. pilih garis
2. buka outline pen
3. buka arrowhead picker pada awal dan akhir garis
4. pilih bentuk arrowhead, klik ok

memakai brush stroke siap pakai:
1. buka artistic media tool
2. klik brush pada property bar
3. pilih motif brush, lalu pakai

membuat motif brush sendiri:
1. buat motif
2. pilih motif tersebut
3. klik save artistic media tool
4. save as dengan format (*.cmx)

mengunakan dimension tool
1. klik dimension tool
2. pilih (vertical/horizontal/angular/auto/slanted) dimension tool/callout pada property bar
3. klik titik awal dan akhir garis dimensi
4. setelah teks ukuran muncul, pilih dengan pick toolsehingga kita bisa menyesuaikan jenis font dan ukurannya.

langkah-langkah membuat spray:
1. klik artistic media tool
2. klik sprayer pada property bar, pilih motif spray, lalu pakai
3. jika kurang puas dengan hasilnya, maka anda dapat mangganti nilai property yang ada, seperti:
a) mengatur jumlah objek yang disemprotkan tiap titik semprot
b) mengatur jarak antara dabs
c) metode penyemprotan. ada 3:
~randomly
~sequentially
~by direction
d) mengatur ukuran objek yang disemprotkan Selengkapnya...

Rangkuman Corel Draw Bab 3

menggambar kotak
a) dengan rectangle tool, klik dan
drag ke arah yang berlawanan sehingga
membentuk segiempat yang dikehendaki
b) dengan three point rectangle tool,
klik sudut kiri atas segiempat,
drag pointer untuk mengatur lebar segiempat.
gerakkan mouse untuk mengatur tinggi segiempat,
lalu klik
c) gambar kotak bersudut tumpul.
caranya klik segiempat, lalu
ketik nilai derajat sudut pada property bar

gambar bulet
a) elips (ellipse tool),
dengan mendrag pointer
secara diagonal sehingga
membentuk elips
b) lingkaran (ellipse tool juga),
dengan tambahan menekan ctrl saat mendrag pointer
c)elips/lingkaran (3point ellipse tool),
dengan caar klik titik awal elips, drag
diagonal ke titik tengah buletan, gerakin
mouse utk mengatur tinggi buletan

menggambar busur (dengan ellipse tool)
1. klik arch di property bar
2. drag pointer sehingga membentuk busur

gambar mata kapak (elips tool lagi)
1. klik pie pada property bar
2. klik shape tool
3. drag pointer sehingga membentuk
mata kapak yang diinginkan

menggambar poligon dengan polygon tool
1. tinggal drag pointer secara diagonal
saja sehingga membentuk poligon yang diinginkan

gambar bintang dengan polygon tool juga
1. klik star pada property bar
2. drag pointer secara diagonal
sehingga membentuk bintang yang diinginkan

mengubah sisi poligon/titik pada bintang
1. pilih poligon/bintang yang ingin diubah
2. ketik jumlah sisi/titik di number
of points on polygon di property bar
3. enter

gambar spiral dengan spiral tool
1. di property bar, ketik jumlah puteran
di spiral revolutions
2. drag mouse diagonal sehingga membuat
spiral yang diinginkan

menggunakan graph paper
cara membuat grid:
1. gunakan graph paper tool
2. di property bar, atur jumlah
baris dan kolom di graph paper
columns and rows
3. drag pointer utk membuat grid
yang diinginkan

membuat bentuk lain seperti panah,
bintang, dan lainnya dengan cara:
1. buka perfect shapes, pilih bentuk
a) basic shapes
b) arrow shapes
c) flowchart shapes
d) star shapes
e) callout shapes
2. di property bar, buka perfect shapes
dan pilih bentuk yang diigninkan
drag pointer mouse sehingga membentuk
objek yang diinginkan Selengkapnya...

Rangkuman Corel Draw Bab 2

istilah-istilah yang perlu diketahui dalam
pemakaian program corel draw 12:
~objek (elemen pembangun yang merupakan
bagian dari drawing, bisa berupa gambar atau teks)
~drawing (objek yang telah dibuat dalam c.d
~gambar vektor (gambar yang tidak tergantung
pada resolusi, sehingga dapat diubah ukurannya
& dapat dicetak pd semua jenis resolusi printer
tanpa kehilangan detail gambarnya)
~docker (berfungsi untuk mengakses hampir
seluruh perintah selain yang terdapat di property bar)
~flyout (tombol utk membuka kelompok tool
yang saling berhubungan)
~bitmap (kombinasi titik-titk pada layar
komputer yang membentuk image)
~paragraph text (teks yang dapat diterapkan
pilihan pemformatan dengan pengeditan
dilakukan dalam bentuk frame)
~artistic text (teks yang dapat diberi efek
khusus seperti bayangan)

area kerja c.d 12:
~title bar (judul dokumen)
~meunu bar (pilihan menu)
~standard toolbar (ada di bawah menu bar,
berisi tombol shortcut utk berbagai perintah)
~property bar (berisi tool perintah yg sedang aktif)
~toolbox (berisi kumpulan tool)
~drawing window (daerah di luar drawing page
yang dibatasi oleh scroll bar dan perintah aplikasi)
~drawing page (area berbentuk persegi yang akan
tampil ketika dicetak)
~rulers (batas vertikal dan horizontal utk
mengatur ukuran objek)
~docker (berisi perintah yg sesuai dgn tool)
~color pallete (utk mengganti warna objek)
~navigator (ada di kanan bawah drawing
window utk membant memindahkan sekeliling drawing)
~scroll bar (untuk menggeser drawing
ke atas/bawah/kiri/kanan)
~document navigator (ada di kiri bawah
drawing window, untuk mengatur
perpindahan dan penambahan halaman)




1. title bar
menampilkan nama file yang sedang terbuka.

2. menu bar
berisi pilihan menu pull-down. menu yang
ada diantaranya adalah file, edit, view, layout,
arrange, effects, bitmaps, text, tools, window,
dan help

3. standard toolbar
berisi perintah:
~new (ctrl+n). untuk memulai drawing baru
~open (ctrl+o). untuk membuka drawing yang telah disimpan
~save (ctrl+s). untuk menyimpan drawing
~print (ctrl+p). untuk mencetak drawing
~cut (ctrl+x). untuk mengambil objek
~copy (ctrl+c). untuk menyalin objek
~paste (ctrl+v). untuk meletakkan objek yang
telah di cut/copy ke tempat lain
~undo (ctrl+z). untuk membatalkan langkah
terakhir yang kita lakukan
~redo (ctrl+shift+z). untuk membatalkan undo
~import (ctrl+i). utk mengimpor gambar
~export (ctrl+e). utk mengekspor gambar
~app launcher. menggunakan aplikasi dari kelompok corel
~corel online. masuk ke situs web komunitas corel gratis
~zoom level. mengatur perbesaran tampilan gambar

4. property bar
menampilkan kelengkapan yang berhubungan dengan
tool yang sedang digunakan untuk mempermudah pekerjaan

5. toolbox
berisi tool yang dipakai untuk mengolah objek.
tool-tool yang ada diantaranya:
~pick tool. menyeleksi, mengubah ukuran,
memindah, menduplikasi, dan menghapus objek
~shape tool. mengedit bentuk dasar suatu objek.
kompunen yang ada:
a) shape tool. mengedit bentuk objek
b) knife tool. memotong/memisahkan objek
c) eraser tool. menghapus sebagian gambar
d) smudge brush tool. mengubah bentuk objek
vektor dgn melakukan drag di outlinenya
e) roughen brush tool. mengubah outline objek
vektor dgn melakukan drag di outlinenya
f) free transform tool. mengubah bentuk objek secara bebas
g) virtual segment delete. menghapus bagian objek yang terpilih
~zoom tool. mengatur tampilan gambar pada layar monitor.
terdiri dari zoom tool dan hand tool untuk mengontrol bagian
dari drawing yang akan dimunculkan pada layar. icon hand
dapat diakses dengan menekan tombol H. untuk zoom in,
cukup dengan F2. untuk zoom out, dapat memakai F3.
~freehand tool. fasilitas paling sederhana untuk
membentuk gambar, garis, atau kurva.terdiri dari:
a) freehand tool. menggambar garis
tunggal segmen dan kurva
b) bezier tool. menggambar satu
segmen kurva dalam satu waktu
c) artistic media tool. memberi akses ke
brush tool, sprayer, callighrapic, dan pressure
d) pen tool. hampir sama dengan bezier
e) polyline tool. menggambar garis dan kurva
f) three point curve tool. menggambar
kurva dengan bentuknya didefinisikan
oleh titik awal, akhir, dan tengah
g) interactive connector tool. menggabungkan
2 objek menggunakan garis
h) dimension tool. menggambar garis vertikal,
horizontal, diagonal, dan bersudut
~smart drawing tool. digunakan untuk
menyempurnakan bentuk objek, jika
suatu objek tidak dikonversi secara benar,
maka dapat lebih disempurnakan lagi.
Bisa juga dipakai utk mengkoreksi objek
yang telah dibuat.
~rectangle tool. Untuk membuat persegi/
persegi panjang. Ada juga three point rectangle tool.
Untuk menggambar persegi dengan men-drag
membuat garis dasar persegi terlebih dahulu
kemudian klik utk mengatur tingginya.
~elipse tool. menggambar lingkaran dan elips.
bisa juga menggunakan three point elipse,
dengan mendrag garis tengah elips,
kemudian klik untuk mengatur tingginya
~graph paper tool. terdiri atas tiga komponen:
a) graph paper tool. menggambar bentuk
kotak-kotak, terdiri atas beberapa baris&kolom
b) polygon tool. menggabar bidang bersisi banyak
c) spiral tool. menggambar objek spiral
~basic shapes. terdiri dari:
a) basic shapes tool. untuk memilih berbagai bentuk objek
b) arrow shapes tool. menggambar panah
c) flowchart shapes tool. menggambar simbol flowchart
d) star shapes tool. menggambar bintang
e) callout shapes tool. menggambar label dan kotak dialog
~text tool. untuk mengolah teks secara langsung
~interactive blend tool. terdiri atas:
a) int blend tool. memadukan
perubahan bertahap dua obj
b) int contour tool. membuat
garis luar ke obj
c) int distortion tool. membuat
bentuk push/pull, zipper, dan
twister dist ke obj
d) int envelope tool. menyim-
pangkan bentuk obj
e) int extrude tool. membuat
penglihatan kedalaman obj
hingga 3 dimensi
f) int drop shadow.
memberi bayangan pd obj
g) int transparency tool.
membaut warna transparan pd obj
~eyedropper tool. terdiri dari:
a) eyedropper tool. mengambil komposisi
warna dr obj pada drawing window
b) paintbucket tool. memberi warna ke dalam
obj dgn warna yg diambil dg eyedropper
~outline tool. untuk mengubah jenis, warna,
style, bentuk sudut, dan akhiran garis suatu
outline (garis tepi objek)
~fill tool. berisi uniform fill (warna merata),
fountain fill (gradasi dua warna), pattern fill
(warna berpola), texture fill (warna spesial
spt warna awan, air, dst), post script fill
(hampir sama dengan pattern fill), no fill
(tanpa warna), dan color docker (mengisi
objek dengan warna yang ada di dalamnya)
~int fill tool. membuat berbagai macam fill
pd obj. ada juga int mesh tool, untuk
membuat grid yang bertautan ke dalam obj.

6. menggunakan ruler
merupakan batas vertikal dan horizontal
untuk menentukan ukuran dan letak objek
dalam drawing. juga bisa untuk membantu
dalam memodifikasi gambar.

7. menggunakan docker window
berisi pilihan, kotak isian, tombol, dan
kontrol lainnya. dapat terus ditampilkan
selama bekerja agar memudahkan pengaksesan
perintah cepat. docker window bisa ditempelkan
di mana saja, atau dibiarkan melayang di manapun
yang kita inginkan, sehingga tidak mengganggu kita
selama mengedit objek.

8. menggunakan color palette
merupakan kumpulan berbagai warna
untuk mewarnai objek. tinggal klik warna
yang akan dipakai

9. navigator
merupakan tombol di sudut kanan bawah
drawing window untuk membantu
perpindahan area dlm drawing page

10.document navigator
digunakan untuk menambah,
mengurangi, memindah,
merubah nama, atau menyisipkan
halaman dalam satu file

11.status bar
menampilkan informasi
mengenai obj yang terseleksi

cara memulai c.d:
start, program, coreldraw
graphic suite 12, coreldraw 12. pilih
a) new graphic
b) open graphic
open new graphc
d)what's new

pilihan cara membuat gambar baru:
a) new graphic pada welcome screen
b) klik new document
c) file - new
d) ctrl + n

membuka file gambar dari lokasi tertentu:
1. klik open document pada welcome
screen / file - open / open drawing
pd standard toolbar / ctrl + o
2. pilih file yang ingin digunakan
3. klik open

membuka file dari lokasi lain:
1. start - search
2. ketik nama file yang ingin dicari,
lalu klik search

membuat template baru:
1. file - save as
2. ketik nama file yang ingin dijadikan template
3. pada kotak save as type, pilih
CDT - CorelDraw template, lalu save

edit template:
1. file - open
2. pada kotak files of type, pilih CDT - CorelDraw template
3. pilih file template yang diinginkan
4. tandai New from template pada kotak dialog open

pilihan cara menggunakan undo:
a) edit - undo
b) ctrl + z
c) klik icon undo pada toolbar
undo dapat dilakukan sampai sebanyak
99999 kali, dan bisa ditentukan semau kita

menentukan jumlah undo:
1. tool - options, lalu akan muncul kotak dialog options
2. pilih general
3. tentukan jumlah yang diinginkan, lalu klik ok

memakai redo:
a) edit - redo
b) ctrl + shift + z
c) klik icon redo pada toolbar

memakai fasilitas zoom:
*menggunakan zoom tool. bisa dengan
zoom one shot (memperbesar tampilan
sebesar dua kali), bisa dengan zoom
to selected area(menyeleksi area
yang ingin diperbesar), dan zoom
to all objects (untuk menampilkan /
memperbesar seluruh objek yang ada
di halaman gambar itu)
*memakai property bar.
terdapat 5 pilihan zoom:
-zoom to selected (memperbesar objek
yang terseleksi menjadi sebesar layar.
bisa dilakukan dengan shift + f2)
-zoom to all objects (memprebesar
seluruh objek di bidang gambar.
bisa dilakukan dengan f4)
-zoom to page (memperbesar sampai
seluas printable area. bisa dilakukan
dengan shift + f4)
-zoom to page width (memperbesar selebar halaman)
-zoom to page height (memperbesar setinggi halaman)

menggunakan pan. pan tool dipakai
untuk menggeser tampilan tanpa
memindah letak objek itu sendiri.
digunakan dengan cara alt+arah geser

menggunakan view navigator,
dengan klik tahan icon view
navigator tool di sudut
kanan bawah layar cd12.

menggunakan page sorter view.
page sorter view diaktifkan
melalui view - page sorter
yang dapat dilakukan:
a) mengubah nama halaman
b) menyisipkan halaman
c) menghapus halaman
d) mengubah orientasi halaman
e) memindahkan isi antarhalaman

mengunakan full screen preview.
dengan cara view - full screen
preview. bisa juga dengan tombol f9

menggunakan back-up and recovery.
dengan cara:
1. klik tools - option, maka
akan muncul kotak opsi
2. klik workspace - save
3. tandai auto-backup every,
dan ketik jangka waktu yang
diinginkan di kotak minutes
4. tandai make backup on save,
lalu klik ok

melakukan save as. caranya:
1. file - save as
2. lakukan
a) save in, tentukan tempat menyimpan file
b) ketik nama file yang diinginkan
c) klik save as type, pilih format file yang diinginkan
d) klik version, pilih versi cd yang diinginkan
3. klik save

melakukan save. bisa dengan cara:
a) klik icon save
b) file - save

mengatur pencetakan. dengan cara:
1. file - print, atau klik icon print
2. atur setting
a) pilih printer yang dipakai
b) klik properties untuk mengatur
jenis kertas dan sebagainya
c) current documents (cetak semua
hlm dalam dokumen yang digunakan)
d) documents (cetak semua halaman)
e) current page (cetak hlm yang digunakan)
f) odd (cetak hlm ganjil)
g) even (cetak hlm genap)
3. klik apply, kemudian print

menggunakan print merge. sebelum
memakai fasilitas ini, harus membuat
tabel merge field terlebih dahulu.
langkah-langkahnya:
1. file - print merge
2. klik create from scratch, klik next.
3. atur setting berikut:
a) ketik nama kolom pada name a field
b) klik add untuk memasukannya dalam fields in use
c) delete untuk menghapus nama kolom dari kotak
4. klik next
5. aktifkan save data setting as, ketik nama file di bawahnya
6. finish

untuk menghubungkan tabel yang sudah
dibuat dengan teks dalam drawing page:
1. file - print merge
2. klik select from an exsisting file, klik next
3. isi nama file yang berisi tabel tadi
4. klik next terus
5. pilih nama kolom pada kotak merge field
6. klik icon selected print merge field
7. klik lokasi penempatan teks yang
berurutan sesuai tabel yang dibuat sebelumnya

mengatur layout cetak. dengan cara:
1. file - print, atau klik icon print
2. pilih layout
3. aktifkan salah satu
a) as in document, mencetak objek sesuai ukuran asli
b) fit to page, menyesuaikan ukuran
dan posisi objek agar memenuhai margin halaman
c) repotition images to, lalu pilih
posisi objek mengacu pada bagian halaman
d) print of tiled page, lalu isi angka di atasnya

mengatur koordinat layout. dengan:
1. file - print / klik ikon print
2. klik layout
3. aktifkan reposition images to
4. pada bagian position,
isi angka koordniat x dan y

mengatur ukuran objek yang akan dicetak.
dengan:
1. file - print / klik ikon print
2. klik layout
3. aktifkan reposition images to
4. pada bagian size, isi angka pada
kotak di bwahnya untuk mengatur lebar
dan tinggi objek

mengatur skalanya. dengan:
1. file - print / klik ikon print
2. klik layout
3. aktifkan reposition images to
4. di scale, isi angka pada kotak di
bawahnya untuk mengatur skala objek
secara horizontal /vertikal

mengatur layout dengan print preview.
dengan cara:
1. file - print preview / klik ikon print preview
2. aturlah
a) perbesaran print prev (zoom)
b) aktif/matikan color separation utk mengatur warna
c) ----------- invert utk mencetak dengan warna negatif/normal
d) mirror, untuk mencerminkan objek secara vertkal
e) dan masih banyak lagi yang lainnya
3. untuk mendalam kotak tersebut, klik print
4. close, untuk kembali ke drawing page

mengakhiri program cd12. dengan file - exit, atau klik x pada kanan atas Selengkapnya...

Rangkuman CorelDraw Bab 1

spesifikasi sistem yang dibutuhkan agar corel draw 12 dapat berjalan dengan baik:
1.sistem operasi windows 98, 2000, NT, ME, XP, atau vista
2.prosesor pentium 2 ke atas
3.RAM 128 MB
4.ruang kosong harddisk minimal 250 mb
5.resolution monitor 1024 x 768 pixel
6.CD ROM drive
7.mouse
8.printer untuk mencetak

nama program yang terdapat dalam corel draw 12 graphic suite:
1.documentation
2.bitstream font navigator
3.corel capture 12
4.corel photo paint 12
5.corel update
6.corel R.A.V.E. 3.0
7.corel draw 12
8.corel trace 12
9.duplexing wizard
10.service bureau profiler

melakukan instalasi:
1. masukkan cd corel draw 12, lalu akan ada autorun. jika tidak ada, coba buka melalui my computer
2. ikuti instruksi proses instalasi seperti biasa
3. pilih salah satu jenis instalasi, antara
a) typical (standar)
b) compact (minimum)
c) custom (dapat disesuaikan dengan kebutuhan)
4. ikuti langkah-langkah menginstall sampai selesai
5. restart computer untuk memastikan bahwa corel draw 12 telah terinstall dengan baik dan benar.



melakukan uninstall:
1. buka control panel melalui start menu atau yang lainnya
2. klik icon add/remove programs
3. pilih c.d 12, lalu akan keluar kotak dengan pilihan remove all. klik tombol remove4. ikuti langkah-langkah berikutnya hingga proses uninstall selesai

fitur-fitur baru c.d 12:
1.peningkatan fitur scalable vector graphics
2.ekspor ke dalam format microsoft office
3.multiple language support
4.dinamic guides
5.fitur shape recognition
6.peningkatan fitur snapping
7.fitur text alignment
8.duplikasi object properties, transformasi, dan efek
9.virtual segment delete tool
10.peningkatan file compability
11.peningkatan fitur simbol
12.three point drawing tools Selengkapnya...

Kamis, Februari 05, 2009

Indonesia Kembangkan Robot Penjinak Bom Bersenjata

Penggiat robot tanah air tengah mengembangkan sebuah robot yang ditujukan untuk menjinakkan bom. Namun yang unik, robot ini dilengkapi senjata untuk melumpuhkan bom sebelum meledak.

senjata yang disematkan tersebut berbentuk shotgun dan menggunakan peluru kosong.

Robot ini sendiri merupakan hasil kerja sama dari berbagai institusi. Yakni Ristek yang bertugas sebagai koordinator, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) untuk membuat sistem kontrol dan artificial intelligent, Pindad untuk platform-nya serta LIPI untuk remote control dan digital signal processing-nya.

robot ini dihadirkan untuk mendampingi robot penjinak bom lainnya yang dimiliki Tim Gegana. Namun robot yang lain itu masih produksi luar negeri. Selengkapnya...

Rabu, Februari 04, 2009

Kurang Tidur Dapat Berakibat Fatal

Tidak pernah ada perhitungan pasti mengenai berapa lama manusia tahan untuk tidak tidur. Namun yang jelas, kurang tidur dapat menimbulkan efek berbahaya bagi manusia.

Beberapa hewan mungkin bisa bertahan untuk tidak tidur dalam waktu yang cukup lama, bahkan hingga berbulan-bulan. Namun tidak demikian dengan manusia, karena saraf dan otak manusia cukup berpengaruh oleh aktivitas tidur.

Namun, Guinness Book of World Record pernah mencatat, pada Mei 2007, seorang warga negara Inggris bernama Tony Wright pernah memecahkan rekor 'melek' selama 266 jam, atau hampir 11 hari lamanya. Dia berusaha untuk tetap terbangun dengan cara memakan jus wortel, pisang, alpukat, nanas dan kacang.

Rekor ini mengalahkan catatan sebelumnya yang ditorehkan Randy Gardner pada tahun 1964 dengan kemampuan 'melek' selama 254 jam.

Para ilmuwan tentu saja tidak merekomendasikan kegiatan seperti ini berlangsung terhadap seluruh manusia di bumi. Pasalnya, dilansir melalui Live Science, Jumat (30/1/2009), para ilmuwan menemukan bahwa kurang tidur mampu menghilangkan konsentrasi pada diri manusia sehingga berakibat pada ketidakmampuan mengambil keputusan dalam bekerja.

Bahkan tidak tidur dalam waktu yang lama dapat berakibat pada munculnya halusinasi, kerusakan pada pandangan mata dan munculnya paranoid. Selengkapnya...

Biofuel Lebih Berbahaya Dibandingkan Solar

Biofuel memang dapat diandalkan untuk menggantikan solar ataupun bensin sebagai bahan bakar alternatif. Tapi beberapa ilmuwan mengingatkan jika biofuel justru lebih berbahaya bagi kesehatan manusia dibandingkan bensin atau solar.

Seperti dilansir Guardian, Rabu (4/1/2009) ilmuwan telah melakukan penelitian untuk mengkalkulasi dampak kesehatan yang ditumbulkan dari berbagai macam jenis bahan bakar.

Studi yang dilakukan para peneliti Amerika Serikat, menunjukkan bioethanol yang terbuat dari jagung telah berdampak pada kesehatan dan juga� lingkungan sekitar dibandingkan bahan bakar umum, biofuel dari jagung sangat membahayakan kesehatan.

Selain itu, produksi bio ufel yang menggunakan bahan baku jagung yang masih tumbuh juga semakin melambungkan harga jagung untuk konsumsi. Sebab itu, para ilmuwan mengharapkan agar produksi biofuel di masa mendatang dapat menggunakan bahan-bahan sampah organic atau tanaman yang tidak digunakan sebagai bahan konsumsi makanan.

Dengan menggunakan sistem komputerisasi yang dikembangkan US Environmental Protection Agency, 'Biaya kesehatan dan lingkungan' yang harus dibayarkan penggunaan bensin sebesar 71 sen per gallon, sedangkan untuk biofuel yang terbuat dari jagung ?biaya? yang harus dikeluarkan sebesar 72 sen hingga USD1,45.

"Sejauh ini diskusi mengenai biofuel belum ada yang mengungkapkan berapa besar dampak terhadap kesehatan yang ditimbulkan dari biofuels," kata professor ekologi, evolusi University of Minnesota, David Tilman.

Biofuels dan juga bahan bakar lainnya, dapat meningkatkan beberapa penyakit, seperti gangguan pernapasan, atma, bronchitis bahkan penyakit jantung. "Dari sisi ekonomi biofuel memang mampu mengurangi biaya produksi, tapi public justru yang sangat dirugikan karena harus membayar semua dampak tersebut," kata peneliti lain, Stephen Polasky. Selengkapnya...

Game 'Perangsang Otak' Tak Sehebat Janjinya

Game untuk Nintendo DS seperti Big Brain Academy, Brain Training dan Brain Age disebut mampu menjaga 'kesegaran' otak. Ternyata, game itu tak sehebat yang dijanjikan.

Hal ini diungkapkan melalui penelitian yang dilakukan Alain Lieury, profesor bidang psikologi kognitif dari Universitas Rennes di Prancis. Menurut Lieury kemampuan game itu sama atau kalah dari mengerjakan PR, membaca atau bermain Sudoku.

Game-game Nintendo DS dengan embel-embel 'otak' pada judulnya itu memang dijanjikan bisa membantu menjaga 'kesegaran' otak. Ini dilakukan melalui serangkaian puzzle di dalam game.

"Nintendo DS itu menarik secara teknolologi. Sebagai sebuah permainan juga baik-baik saja. Tapi klaim bahwa itu adalah sesuatu yang ilmiah adalah hal yang terlalu berani," ujar Lieury


Lieury melakukan penelitian terhadap 67 anak usia 10 tahun. Mereka dibagi dalam empat grup, dua grup bermain game 'otak' di Nintendo DS selama dua minggu, satu grup bermain puzzle konvensional dengan kertas dan pensil seperti Sudoku serta satu grup lagi sekolah seperti biasa.

Hasilnya, tak ada perbedaan signifikan dalam uji kognitif yang dilakukan sebelum dan sesudah eksperimen. Grup yang bermain Nintendo DS menunjukkan perbaikan 19 persen dalam matematika, namun ini setara dengan grup yang bermain teka-teki di atas kertas. Sedangkan yang sekolah? Perbaikannya 18 persen. Selengkapnya...

Selasa, Februari 03, 2009

Main Game bisa membuat depresi

Main game atau menonton televisi terlalu lama bisa berujung pada depresi. Itulah hasil studi di Amerika Serikat yang dipublikasikan di jurnal Archives of General Psychiatry.

dimulai tahun 1995 periset meneliti pengaruh media elektronik pada sekitar 4000 remaja yang bebas depresi. Responden diketahui menghabiskan waktu 5,68 jam sehari dengan media elektronik seperti televisi dan video game.

Beberapa tahun kemudian, ketika para partisipan itu rata-rata berusia 21 tahun, 7,4 persen di antaranya (308 orang) mempunyai gejala depresi.

Menurut Brian Primack dari University Pittsburgh School of Medicine yang memimpin studi, mereka yang lebih banyak terekspos media elektronik lebih rentan terkena depresi. Kaum remaja pria juga lebih berisiko terkena depresi daripada para wanita.

Para periset menjelaskan, depresi kemungkinan timbul karena saking asyiknya mengakses media elektronik, para remaja jarang melakukan aktivitas sosial yang bisa mencegah depresi. Selain itu, konten yang ada di media elektronik juga bisa bikin depresi.

Para remaja juga mungkin jadi kurang tidur. Padahal pola tidur yang sehat dinilai penting dalam pengembangan emosi dan kognitif seseorang. Selengkapnya...

India segera wujudkan laptop Rp 100ribu

Beberapa waktu lalu, dikabarkan India tengah mengembangkan sebuah laptop seharga US$ 10 atau sekitar Rp 100 ribu untuk memajukan pendidikan jutaan anak di India . Banyak pihak yang menyangsikan realisasi dari program tersebut.

Sekarang kabar tersebut kembali mencuat. Laptop itu akan diproduksi secara massal. Sepertinya pemerintah India begitu optimistis bahwa proyek ini akan benar-benar terealisasi.

Kendati detail tentang laptop murah tersebut belum diungkap secara gamblang, pejabat kementerian pendidikan India, R.P Agrawal menyebutkan bahwa laptop itu akan tersedia dalam tempo enam bulan.

Disebutkan bahwa laptop tersebut dibekali dengan memori 2GB dan koneksi internet nirkabel. Namun, pemerintah India belum menunjukkan prototipe laptop tersebut, dan juga tidak bersedia menjelaskan bagaimana cara memproduksi laptop murah itu.

Pemerintah India memang serius dalam mengembangkan gadget hemat energi untuk daerah pedalaman. Untuk keperluan ini, pemerintah India menganggarkan dana lebih dari 46 miliar Rupee atau sekitar US$ 939 juta dolar.

Btw kapan yah laptop kayak gini ada di Indonesia ??? Selengkapnya...

Kirim Gambar Lewat Email

Ada dua orang sahabat yang lagi nongkrong di depan komputer. Rupanya lagi main email-emailan sama temennya di seberang sana.

Ternyata ada kiriman gambar lucu dari temennya yang lain, dia pun berpikir, "Bagus juga nih gambar, mau kukirim ke teman yang lain juga ahhhh ....", Mulailah dia klik forward dan menulis alamat email yang dituju.

Pertama forward ke si Ami, kemudian klik send, terkirimlam sudah.

Kemudian forward ke si Budi, klik send ....

Kemudian forward ke si Sasaki dan ... si, si, si yang lain, begitu seterusnya.

Sampai akhirnya temen yang di sampingnya heran dan bertanya, "Kenapa kamu nggak forward ke semua dan sekali send saja"

"Lho... temenku kan nggak di satu daerah, si Ami di Batam, si Budi di Jakarta, si Sasaki di Jepang ... bagaimana bisa sama-sama ngirimnya?! Entar komputernya bingung lagi!" Selengkapnya...

Jangan takut bermain game

Di tengah gonjang-ganjing pengaruh buruk yang ditimbulkan video game, banyak dilakukan pula penelitian tentang apa saja yang dapat dipelajari gamer dari video game dan manfaat lainnya. Sayangnya, masih banyak di antara kita yang belum mengetahui bahwa hasil penelitian tersebut faktual dan valid, dengan kata lain sudah dibuktikan dan dapat dipercaya.
Ketika kekerasan yang terjadi di kalangan remaja merebak, film layar lebar, acara televisi, dan video game pun tak luput dari sasaran dan dikait-kaitkan sebagai penyebab timbulnya hal-hal buruk tersebut. Banyak orang dewasa menganggap bahwa media-media hiburan tersebut memberikan dampak buruk pada anak-anak.

Pokoknya, mereka menyalahkannya sebagai penyebab timbulnya berbagai masalah. Beberapa penelitian mengungkapkan kaitan antara kekerasan dan perilaku buruk di kalangan anak-anak.

Kenyataannya media-media, termasuk video game, itu tidak selalu menjadi pemicu tindakan kekerasan. Menurut James Paul Gee, dosen di University of Wisconsin-Madison, Amerika, sebagian besar yang dituduhkan pada video game tidaklah benar.

"Game banyak manfaatnya, kok," ujar penulis buku What Video Games Have to Teach Us About Learning and Literacy. Jumlah peneliti yang setuju dengan Gee pun makin bertambah. Jika digunakan dengan benar, video game dan game komputer berpotensi sebagai sarana untuk belajar.

Video game yang baik itu menantang, menghibur, sekaligus rumit. Biasanya player butuh waktu 50 sampai 60 jam dengan konsentrasi penuh untuk menamatkan sebuah game. Bahkan anak-anak pun bisa menghabiskan waktu berjam-jam demi gamenya tamat.

"Tapi, anak-anak yang menderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) tidak bisa main game non-stop 9 jam, karena mereka kesulitan untuk berkonsentrasi," jelas Gee. "Game membutuhkan konsentrasi yang berbeda dibandingkan dengan pelajaran di sekolah."

Selama 2-3 tahun mempelajari dampak sosial video game, Gee menemukan bahwa banyak gamer remaja yang pada akhirnya jago komputer. Seorang anak malah sempat jadi asisten dosen waktu ia masih di tingkat satu, soalnya pelajaran itu terlalu gampang baginya. Kata Gee lagi, anak-anak yang hobi main game komputer biasanya tahu lebih banyak soal komputer daripada orangtuanya.

Menstimulasi Proses Belajar

Game komputer dianjurkan menjadi bagian dari kurikulum sekolah setelah para peneliti menemukan nilai-nilai edukasi. Mereka menyimpulkan bahwa game simulasi dan petualangan – seperti Sim City dan Roller Coaster Tycoon, dimana player dapat membangun masyarakat dan taman hiburan – dapat membantu mengembangkan pemikiran strategis dan skill merencanakan pada anak-anak.

Selain itu, para ortu dan guru juga berpendapat game-game dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam pelajaran matematika, membaca, dan mengeja.

Dalam game Animal Crossing, misalnya, player menjadi karakter yang tinggal di sebuah kota yang penuh dengan binatang. Di tengah game, Anda bisa membeli rumah, bepergian dari satu kota ke kota lain, berkunjung ke museum, dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Di sela-sela itu, Anda menuliskan pesan untuk player lain dan bicara kepada binatang. Karena anak-anak pada umumnya suka game ini, jadi mereka sering memainkannya berkali-kali. 'otomatis kemampuan membaca mereka meningkat dengan cepat, walaupun mereka tak suka membaca.

Beberapa waktu lalu diadakan penelitian terhadap 700 anak usia 7 sampai 16 tahun. Lewat hasilnya terungkap bahwa anak-anak pada usia tersebut lebih suka main game berdua atau rame-rame daripada main sendirian. So, siapa bilang gamer itu individualis?

Penelitian lain dilakukan oleh Teachers Evaluating Educational Multimedia (Teem) dari Departemen Pendidikan di Inggris. Profesor Angela McFarlane, Direktur Teem, menegaskan, "Game bernuansa adventure, quest, dan simulasi memiliki banyak manfaat. Game-game ini cukup rumit dan mampu mengembangkan skill-skill penting untuk anak-anak." Tidak termasuk game-game arcade dan shooter, loh.

Bahkan game yang mengandung kekerasan pun memiliki sisi positif, tambah Gee. "Grand Theft Auto 3 tak melulu soal menembak orang," katanya. Ketika game dimulai, karakter Anda baru keluar dari lapas. Anda harus mencarikannya pekerjaan, tapi sayang orang yang Anda kenal semuanya penjahat. Selama game berlangsung memang Anda boleh bertarung dan membunuh orang, tapi itu tidak wajib.

"Game menawarkan banyak pilihan," ujar Gee. Player akan menghadapi dilema moral, interaksi sosial, dan juga memecahkan berbagai problem yang sering kali terjadi dalam kehidupan nyata. Begitu tambah Gee. Selain itu game dapat membuat seseorang tertarik pada hal baru.

Habis main game Age of Mythology, kata Gee, anak-anak (seperti anak laki-lakinya yang berumur 8 tahun) mulai suka melihat-lihat buku mitologi di perpustakaan atau chatting dengan grup yang membahas karakter-karakter mitologi. Bagi gamer, sejarah dapat berulang dan hidup kembali lewat game.

* Penulis, Eko Ramaditya Adikara (Rama), adalah seorang tuna-netra multi profesi, ia dikenal sebagai penulis buku berjudul 'Blind Power', seorang motivator dan juga terlibat dalam sound engineering beberapa game terkenal. Penulis tergabung dalam Yayasan Mitra Netra (MitraNetra.or.id). Blog pribadinya dapat dibaca di alamat www.ramaditya.com. Selengkapnya...

Char RF gw

Char RF gw