To year 2010

Menuju Un 2009

Senin, Februari 23, 2009

Wikipedia Indonesia Capai 100 ribu Artikel

Artikel dikutip ini dikutip dari detikinet.com baca aja selengkapnya


Situs ensiklopedia bebas Wikipedia Bahasa Indonesia, ternyata berhasil menembus 100 ribu artikel. Keberhasilan tersebut, menjadikan Wikipedia Indonesia sejajar dengan situs sejenis berbahasa lain.

Artikel terakhir pada situs wikipedia ini berjudul "Luck By Chance", judul sebuah film Bollywood, dan ditulis oleh seorang pengguna� tanpa menyebutkan nama (anonim), pada tanggal 21 Februari pukul 14:57 WIB. Jumlah artikel yang sedemikian besar dicapai oleh Wikipedia Bahasa Indonesia yang hanya memiliki sekitar 50 sukarelawan sebagai pengguna aktif.

"Dengan jumlah 100 ribu artikel, Wikipedia Bahasa Indonesia kini bersanding dengan bahasa-bahasa besar lain di dunia seperti bahasa Inggris (lebih dari dua juta artikel), Jerman, Spayol, Italia, Jepang, dan lainnya yang telah memiliki lebih dari seratus ribu artikel lebih dulu," demikian siaran pers Wikimedia Indonesia, yang dikutip okezone, Senin (23/2/2009).

Situs ini sendiri, dimulai pada bulan Mei 2003. Pada awal tahun 2004, ensikopedia digital ini berhasil menduduki peringkat ke-50 dunia ditinjau dari banyaknya artikel. Kini posisinya melesat menduduki peringkat ke-25 dari total 265 proyek ensiklopedia bebas dari berbagai bahasa yang dikelola oleh Wikimedia Foundation.

Yang mengagumkan, Wikipedia juga mempunyai bahasa selain Indonesia Indonesia yang juga memiliki, seperti Wikipedia basa Jawa dengan 16.897 artikel, dan Wikipedia basa Sunda dengan 14.354 artikel.

Dilaporkan juga, halaman yang paling banyak dilihat adalah artikel mengenai "Konflik Israel-Palestina" dengan 3.976 hit per hari, dan "Globalisasi" dengan 3.343 hit per hari. Sedangkan, artikel yang paling banyak disunting adalah artikel "Islam" dengan suntingan sebanyak 670 kali oleh 120 pengguna terdaftar yang berbeda-beda dan lebih dari 50 pengguna anonim.

"Pengguna Id Borgx tercatat sebagai pengguna teraktif, dan telah melakukan 80 ribu kali penyuntingan sejak terdaftar menjadi pengguna di tahun 2005," pungkas isi siaran pers tersebut.

Tidak ada komentar:

Char RF gw

Char RF gw